Kamis, Juli 13, 2006

Membuat RAB


Assalamu'alaikum Pak Andan,

Saya berniat membangun rumah dengan ukuran 5 x 12 meter untuk lantai 2 dengan 2 kamar tidur, tapi kondisi lantai 1 kayaknya belum memungkinkan untuk bangunan berlantai, soalnya kalau saya harus merombak dari dasar itu akan memerlukan biaya yang besar. Mohon saran dari Bapak dan bagaimanakah RAB yang harus dibuat?

Terima kasih sebelumnya.

Wassalamu'alaikum WW

Agus Hermawan
agushermawan at eramuslim.com

Jawaban

Wa'alaikum salam wr. wb.

Bapak Agus Hermawan yang saya hormati,

Membuat RAB atau Rencana Anggaran Biaya pada dasarnya adalah menghitung harga bangunan. Sementara harga bangunan terdiri dari harga upah dan harga material.

Contoh, pada kamar tidur berukuran 3 x 3 m maka dibutuhkan keramik 9 m2. Namun perhitungannya kita harus membeli 10 m2 atau 10 dus keramik. Karena pada pelaksanaan ada keramik yang terpotong oleh tembok atau mungkin pecah saat pelaksanaan. Untuk dilebihkan sedikit. Lalu jumlah ini dikalikan harga keramik, harga upah dan material pendukung keramik seperti semen dan nat keramiknya. Jika kita beri keramik harga 40 ribu rupiah maka harus ditambah dengan 30 ribu rupiah yang terdir dari upah dan material pendukung. Jadi 9 m2 (luas kamar ) dikali 70 ribu (harga satuan upah+bahan+material pendukung). Jadi biaya keramik +upah kamar tersebut adalah 630 ribu.

Demikian selanjutnya untuk pekerjaan tembok, pondasi, listrik dan segala item pelaksanaan pada rumah tinggal. Hingga nanti diakhir perhitungan akan diperoleh total harga bangunan. Yang kelak harus dibagi dengan luas rumah tinggal. Maka akan terlihat rumah tersebut rumah mewah, sederhana atau sangat sederhana.

Sebagai gambaran saja, saya terakhir menghitung rumah kos dengan spek sederhana (batako, asbes, dinding penyekat antar ruang triplek, lantai keramik), harga per m2 nya sekitar 1,2 juta-an. Sementara untuk rumah tinggal sederhana (genteng, bata merah, lantai keramik) harga per m2 nya 1,9 juta. Dua pekerjaan ini adalah yang terakhir saya hitung dalam bulan ini. Dan bulan ini pula insya Allah akan mulai proyeknya.

Kita perlu tahu harga standar tersebut agar arsitek dan konsumen punya ikatan kontrak yang jelas. Karena sudah tercantum rinci di RAB dan gambar yang lengkap. Hingga kesalahan tukang di lapangan yang biasa kerja tanpa konsep dan pekerja kasar akan memperoleh panduan dengan jelas dan akurat. Karena bisa jadi tanpa rab bangunan membengkak tak terkontrol dan justru tambah mahal.

Namun membuat RAB ini memang tidak semudah yang dikira. Karena perlu pengetahuan struktur dan harga terkini. Jika Pak Agus ingin mengerjakannya sendiri silahkan saja. Panduannya seperti yang saya tuliskan di atas tadi. Yang penting teliti dan sabar.

Jika ingin saya yang membuatkannya, saya dapat dihubungi di 0818 06 22 0506. Demikian Pak Agus keterangan saya. Semoga bermanfaat data ini.

Billahi taufiq wal hidayah,

Wassalaamu'alaikum wr. wb.

Ir Andan Nadriasta - eramuslim.com

Tidak ada komentar: