Kamis, Juli 13, 2006

Usaha Pembuatan Shopping Bag


Ass. wr. wb.


Saya Insya Allah punya modal, dan saya tertarik dengan usaha pembuatan tas belanja yang sekaligus bisa dijadikan alat promosi bagi toko-toko atau konsumen. Dari mana saya bisa dapat bahan dan info proses pembuatannya? Bagaimana prospek dan cara memulai usahanya? Terima kasih.

Kundrat

Jawaban

Wa ‘alaikum salaam Wr. Wb.

Bung Kundrat. Kepemilikan modal, memang salah satu syarat untuk memulai usaha, tetapi bukan satu-satunya faktor yang membuat seseorang bisa sukses dalam usahanya. Ada banyak faktor lain, misalnya pengetahuan pengelola usaha mengenai alur bisnis yang sedang dijalankannya. Dalam konteks ini, saya sering menganjurkan orang-orang yang baru mulai usaha untuk menginvestasikan waktunya terlebih dahulu sebelum menginvestasikan uangnya. Artinya, belajarlah dahulu sebelum berinvestasi.

Dalam hal ini, coba anda telisik, perusahaan apa yang sudah melakukan pekerjaan yang ingin anda tekuni (membuat tas belanja). Kalau perlu, bekerjalah di perusahaan itu sambil belajar sistem bisnis yang dijalankan. Di sana, anda bisa belajar bagaimana membuat tas belanja, mesin apa yang digunakan, di mana membeli bahannya dan sebagainya. Terkait dengan prospek usaha, sejauh ini saya beranggapan bahwa usaha itu memiliki prospek yang cukup baik, apalagi jika anda berkomitmen untuk selalu menciptakan model-model tas yang menarik. Untuk memulai usaha, sebaiknya anda belajar dari orang-orang yang sudah memulai usaha serupa.

Memang sulit mencari perusahaan seperti itu, tetapi jika minat anda cukup besar dan anda mengusahakannya secara maksimal, insya Allah anda akan mendapatkannya.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ‘alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin

Tidak ada komentar: