Kamis, Juli 06, 2006

Hipertiroid


Assalamu'alaikum wr. wb.

Saudara saya mengalami hipertiroid, kelebihan yodium di daerah leher yang menjalar ke jantung, mata dan kelenjar lainnya. Sering lemes, sesak nafas dan mata agak keluar seperti mas koki. Karena keuangan yang tidak mendukung, maka saudara saya telah mencoba beberapa jamu-jamuan, seperti mahkota dewa dan kunir putih. Adakah pengobatan herba alternatif lainnya yang dapat menyembuhkan hipertiroid?

Terima kasih,

Soediastuti

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudari Soediastuti Yth.,

Sebenarnya, kelenjar tiroid ukurannya kecil, berbentuk seperti kupu-kupu yang menempel di leher. Namun, mempunyai peranan yang cukup besar untuk mengatur semua fungsi semua bagian tubuh kita (mengatur metabolisme tubuh). Dengan kata lain, ia berfungsi sebagai pengatur energi tubuh, yang bila terganggu fungsinya hampir dapat mempengaruhi hampir semua sistem dalam tubuh kita.

Dengan mengendalikan metabolisme tubuh, tiroid dapat menjaga semua fungsi organ akan berjalan dengan baik. Laju jantung dan otak. Kerja metabolisme akan merangsang sistem pencernaan untuk mengendalikan pembakaran kalori seefektif mungkin. Selain itu, juga menjaga kulit, kuku, dan rambut agar tetap sehat dan terawat. Semua otot dan saraf pun tidak luput dari kelenjar tiroid ini. Bahkan, tiroid juga bisa mempengaruhi cara berpikir dan perasaan kita.

Caranya? Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang disebut hormon tiroid, yakni suatu bahan kimia yang membawa pesan-pesan dari tiroid ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Kelenjar tiroid akan membuat hormon tiroid dari yodium yang diserap dari makanan anda sehari-hari. Saat hormon tiroid diproduksi secara berlebihan, maka sel-sel tubuh akan bekerja secara cepat, begitu pula sebaliknya

Yodium merupakan golongan mikro mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kestabilan kesehatan. Berbagai bahan pangan, sayur-sayuran dan aneka bahan pangan dari laut adalah sumber yodium yang terbesar.

Yodium yang berasal dari makanan dan minuman setelah dicerna di saluran pencernaan akan masuk ke dalam aliran darah dan segera diterima oleh kelenjar tiroid yaitu adalah suatu kelenjar yang agak besar yang terdapat di leher depan bagian bawah. Di sini yodium diubah menjadi tiroksin. Tiroksin adalah hormon yang mengatur semua aktivitas berbagai organ tubuh, mengontrol cepatnya pertumbuhan tubuh seseorang, membantu proses metabolisme, bahkan menentukan berapa lama seseorang bertahan untuk hidup.

Biasanya, penyebab terjadinya hipertiroid adalah penyakit Grave yang dikarenakan sistem imum tubuh merangsang tiroid secara berlebihan. Penyakit ini juga menimbulkan masalah pada bagian mata yang menonjol keluar, seperti yang anda ungkapkan mirip mata ikan mas koki.

Untuk mengatasi masalah ini, saudara anda bisa mengonsumsi Malac, Teh Herba dan Senggugut. Caranya, minum 2 kapsul Malac dan Senggugut pagi dan malam bersama Teh Herba yang telah diseduh dengan air panas. Minum dalam keadaan hangat dan sebelum makan. Jika berminat, anda bisa menghubungi eramuslim dengan mengirim email: hpa@eramuslim.com

Tidak ada komentar: