Jumat, Juli 28, 2006

Sakit di Bawah Tulang Rusuk


Assalamualaikum wr. wb.


Saya sudah seminggu merasakan sakit di bawah tulang rusuk sebelah kiri saya. Kalau dipencet ataupun kalau badan bergerak ke kanan pasti nyeri dan saya juga bingung karena kalau tidur dengan posisi miring sebelah kiri, rasa sakit itu pasti kambuh. Sakit apa sebenarnya saya ini? Bagaimanakah mengobatinya/dengan obat apa? Terima kasih.

Upi

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudari Upi Yth.,

Pertama-tama yang perlu diketahui adalah struktur tulang belakang kita selalu dibungkus oleh otot-otot dan serabut saraf yang jumlahnya sangat banyak. Rasa sakit pada tulang belakang bisa disebabkan oleh pergeseran atau dislokasi dari salah satu bantal tulang tersebut atau hanya nyeri di bungkusan otot saja.

Untuk membedakannya tidaklah terlalu sulit, gangguan pada tulang belakang umumnya akan berimbas pada organ tubuh lainnya, karena setiap tulang belakang berkaitan dengan organ tubuh manusia. Misalnya, bila mengalami dislokasi pada titik toraks 7, maka akan berpengaruh pada fungsi kerja lambung seperti maag atau tukak lambung. Lambung baru akan pulih kembali setelah titik torax 7 tersebut sudah bisa disembuhkan.

Sedangkan otot, merupakan jaringan yang mempunyai jaringan khusus yaitu berkontraksi terdiri dari jutaan serabut silindris yang mempunyai kepekaan yang sama dengan sel dari jaringan lain. Jadi, jika terjadi sesuatu di daerah tulang belakang, maka ototlah yang pertama yang menjadi tameng untuk menjaga struktur tulang belakang, lalu dikirim sinyal ke serabut saraf untuk diteruskan ke kortex sensorik di otak untuk menentukan hebat tidaknya rasa sakit yang dihasilkan dari gangguan di tulang belakang.

Penyebabnya, bisa bermacam-macam seperti salah duduk, sering memiringkan badan, mengangkat barang hanya pada satu sisi, suka memakai sepatu berhak tinggi dan lain sebagainya.

Untuk menyembuhkan cobalah bagian yang sakit bisa dikompres dengan air hangat atau balsem. Tidur sebaiknya di posisi tengkurap dengan kepala di samping kanan atau kiri agar tidak menyebabkan otot makin meregang. Jika berubah ke posisi miring, sebaiknya ke posisi kanan, supaya rusuk kiri tidak terlalu tertekan dengan berat badan.

Anda bisa juga menggunakan Minyak But-But, bahan dasar minyak But-But ini adalah minyak kelapa, tapi dicampur dengan 100 jenis herba. Caranya dengan mengoles minyak tersebut ke bagian yang sakit, lalu diurut perlahan-lahan ke arah atas, satu arah saja.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas/Mbak,

bgmn sakitnya skrg ? bgmn penyembuhannya ?
Sudah 1 minggu ini, area 3 tulang rusuk terbawah (false costae) saya terasa sakit jika ditekan. Mirip spt mas/mbak upi.

Sudah saya beri voltaren, trombopop, dikerok masih saja tdk berkurang

Please help. Terimakasih

Anonim mengatakan...

lo z di blakang zeblah kanan,tiap bergerak seperti da yg kesangkut gt