Senin, Juli 10, 2006

Katarak


Assalaamu'alaikum....

Saya menderita katarak tetapi di belakang retina ada luka yang tidak bisa disembuhkan (kata dokter). Kata dokter saya hampir mendekati kebutaan. Pertanyaan saya apakah penyakit saya ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi makanan herba atau pengobatan alternatif lainnya? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum...


uty at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara P Yth.,

Sebenarnya, katarak itu berasal dari bahasa Yunani yang berarti air terjun. Entah mengapa bisa dijadikan sebagai suatu penyakit yang menyerang lensa mata. Kemungkinan besar seseorang yang mengalami ketidakjelasan (kabur atau buram) dalam penglihatan karena adanya kekeruhan dalam lensa mata, seolah-olah seperti ditutupi air terjun, mungkin yang menjadi asal muasal kata katarak menjadi salah satu penyakit mata.

Hingga kini penyebab katarak belum diketahui secara pasti. Tapi, penyakit ini dikaitkan ke dalam degeratif, artinya lebih menyerang ke pada orang tua yang telah lanjut usia karena proses alami, seiring menurunnya organ-organ tubuh menjelang tua. Namun, hal ini pun tidak benar seluruhnya, karena pada kenyataannya, katarak ternyata juga ditemui pada golongan muda, bahkan bayi sekalipun.

Kendati demekian, prosesi timbulnya katarak di lensa mata, juga dipicu oleh beberapa faktor dan penyakit. Misalnya, perenggangan pada retina mata atau akibat trauma mata yang mengenai lensa mata. Atau penyakit seperti diabetes mellitus dan glaukoma, juga disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya katarak.

Pada mula terjadinya katarak, seseorang akan merasa adanya selaput tipis yang menghalangi pandangan atau merasa sangat silau jika berada di bawah cahaya terang, karena lensa yang keruh bukan memfokuskan cahaya yang masuk, tetapi memecahkannya.

Pada perkembangan lebih lanjut, penglihatan menjadi semakin memburuk dan bila diperhatikan lensa mata menjadi berwarna putih seperti mutiara. Sedangkan secara umum, gejala utama katarak adalah penglihatan kabur semakin lama semakin berat tapi penderita tidak merasa sakit.

Pada stadium awal di mana selaput yang menutup lensa belum begitu terlalu tebal, memang katarak masih bisa disembuhkan dengan teknologi kedokteran yang semakin berkembang saat ini. Tapi, bila sudah menebal, apalagi sampai adanya luka, inilah yang sangat sulit disembuhkan.

Kebutaan dapat saja terjadi jika terjadi kerusakan pada retina dan saraf mata sudah begitu parah, hal ini ditandai dengan tidak bisanya lagi saraf mata meneruskan perintah dari mata ke otak ketika melihat sesuatu di depan mata. Semakin parah kerusakan para saraf mata, semakin sulit pula perintah diteruskan ke otak. Bila saraf sudah tidak bisa sama sekali meneruskan perintah, maka proses kebutaan pun mulai terjadi.

Sayangnya bapak tidak menjelaskan apakah bapak telah melakukan operasi pengangkatan lensa dan diganti dengan lensa buatan yang biasa disebut dengan nama kerostoplasty. Karena, operasi ini memberi peluang yang cukup besar untuk sembuh.

Kalau boleh saya sarankan, sebaiknya bapak mengambil second opinion dari dokter spesialis mata lainnya mengenai luka di belakang retina tersebut. Saya yakin, dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, insya Allah, luka tersebut bisa sembuh.

Secara khusus, nampaknya belum ada herba untuk katarak. Namun, bapak boleh mencoba beberapa herba yang dapat membantu dalam memperbaiki penglihatan yang kurang bagus seperti Omega 3 Gel, Spirulina, Teh Herba dan obat tetes OTM dan THM. Cara mengonsumsi, Omega 3 gel dan Spirulina diminum 2 kapsul 3 hari sekali 30 menit sebelum makan. Teh Herba lebih dulu diseduh di cangkir, lalu ditutup. Kemudian setelah hangat baru diminum pada pagi dan malam hari. Obat tetes mata OTM dan THM dipakai 3-4 kali sehari. Bila ditetesi OTM mata bapak terasa perih, itu menandakan saraf pada mata bapak masih bagus.

Tidak ada komentar: