Rabu, Juli 26, 2006

Bronchopneumonia pada Balita


Assalamu'alaikum

Bapak Toto yang saya hormati, anak saya laki-laki berusia 2 tahun 10 bulan terkena bronchopnumonia. Sewaktu dia lahir dulu memang kata dokter dia kemasukan ketuban yang sudah keruh kehijauan. Saat itu sudah diberi suntikan antibiotik. Hasil laboratorium terakhir lemfositnya 70 dan hasil rontgen masih menunjukkan positif bronchopnumonia.

Herba apa yang bisa dipakai anak saya untuk meringankan infeksinya dan mempercepat penyembuhan? Sekarang ini sudah kontrol yang ketujuh dan masih mengkonsumsi obat dari dokter. Jawaban Bapak sangat saya nantikan, terima kasih.

Eva

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudari Eva Yth,

Pneumonia adalah istilah yang dipakai untuk peradangan jaringan paru-paru. Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi atau radang paru-paru yang sangat serius, pada penderita ini, kantong-kantong udara di paru-paru terisi oleh nanah dan cairan yang lain.

Karena keadaan ini, oksigen akan sulit mencapai darah. Jika darah kurang mengandung oksigen, sel-sel tubuh tidak akan berkerja secara layak. Pneumonia menyerang paru-paru dalam 2 kategori anatomis, yaitu: pneumonia lobaris; di mana organ paru-paru yang rusak adalah suatu lobus/bagian dari paru-paru kiri atau kanan. Jika kedua paru-paru terserang disebut pneumonia lobularis atau bronchopneumonia.

Di perkirakan ada sekitar 30 penyebab, paling sering adalah bakteri, virus, jamur, micoplasma, protozoa, riketsia dan benda-benda asing. Umumnya perjalanan pneumonia disebabkan oleh cedera atau infeksi pada saluran nafas bawah yang menyebabkan peradangan.

Biasanya, penderita bronchopneumonia mengalami gejala-gejala seperti: demam mendadak, yang di sertai dengan gemetar dan menggigil; Nyeri dada/sesak nafas (sakit waktu bernafas); Batuk yang mula-mula kering dan sakit, tetapi kemudian menghasilkan sputum (dahak) tebal yang bercampur dengan darah.

Ada baiknya anak ibu diajak berjemur di bawah panas matahari pagi antara jam 8-10 selama 30 menit, karena sinar matahari bisa merubah provitamin D menjadi vitamin D yang memang sangat dibutuhkan paru-paru. Kendati hubungan antara vitamin dengan paru-paru belum jelas. Namun, manfaat memperoleh asupan vitamin D langsung dari matahari bisa mempergangguan saluran pernafasan. Bahkan, asupan vitamin D mampu meningkatkan fungsi paru pada pasien yang menderita gangguan penyakit pernafasan kronis.

Herba untuk bronchopneumonia adalah Herba Tuju Angin, Malac, Shark Cartilage dan Teh Herba. Caranya, karena herba ini dalam bentuk kapsul, mungkin akan menjadi kendala bagi anak ibu untuk menelannya. Oleh karena itu bisa dicampur dengan susu atau makanan. Beri 1 kapsul herba Tuju Angin untuk pagi dan sore, 1 kapsul Shark Cartilage untuk satu hari. Sedangkan Malac, ambil 1 kapsul Malac, dibuka dan dicampur dengan setengah gelas air matang, diaduk hingga rata, lalu disuapi airnya saja ke anak ibu. Begitu pula dengan Teh Herba, setelah diseduh di cangkir, bisa diberi 2 sendok teh madu sebagai pemanis, lalu diaduk hingga rata. Kemudian disuapi ketika hangat.

Karena, anak ibu masih mengonsumsi obat dokter, sebaiknya herba diminum 2 jam sebelum obat dokter. Waktu 2 jam tersebut untuk membiarkan herba mencapai titik penyakit yang dituju. Karena, jika dibarengi dengan obat dokter, maka khasiatnya akan jauh berkurang, sebab harus mendetoksifikasi obat-obat tersebut lebih dahulu sebelum mencapai titik penyakit.

3 komentar:

M. Bangun mengatakan...

Bapak Toto. anak saya hasil rongsen nya mengidap penyakit Bronchopeneumonia ringan,tapi dokter yang menangani obat flek,umur anak saya sekarang sudah 14.bulan berat badannya 7 kg. kata dokter yang menangani dia kena flek, yang saya mau tanyakan bronhopneumoni ini adalah fkek pada paru ya, dan apa obatnya, dan aku heran ko kalau udah habis obatnya yang bentuk serbuk ko batuk kembali. apa obat yang bisa aku pergunakan untuk penyakit ini.dan anak saya sekarang belm bisa jalan. apa penyebabnya.

M. Bangun mengatakan...

tolong di balas ke emailaku aja pak. siltar2003@yahoo.com

M. Bangun mengatakan...

Bapak Toto. anak saya hasil rongsen nya mengidap penyakit Bronchopeneumonia ringan,tapi dokter yang menangani obat flek,umur anak saya sekarang sudah 14.bulan berat badannya 7 kg. kata dokter yang menangani dia kena flek, yang saya mau tanyakan bronhopneumoni ini adalah fkek pada paru ya, dan apa obatnya, dan aku heran ko kalau udah habis obatnya yang bentuk serbuk ko batuk kembali. apa obat yang bisa aku pergunakan untuk penyakit ini.dan anak saya sekarang belm bisa jalan. apa penyebabnya.