Jumat, Juli 21, 2006

Apa itu Flu Tulang?


Assalaamu'alaikum pak Toto.

Salam kenal... Saya member HPA dari Semarang, ingin konsultasi.
Mohon penjelasan tentang penyakit flu tulang dan terapi herbanya. jazakallah khoir atas penjelasannya.

Wassalaamu'alaikum,

Aan

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara Aan Yth.,

Dalam bahasa medis, flu tulang sama dengan arthritis, atau radang sendi atau rematik. Namun, di kalangan masyarakat luas, flu tulang ada yang dinamai dengan 'dengkulan', chikungunya dan sebagainya. Penamaan ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan sama, yakni rasa nyeri yang hebat di persedian.

Padahal, rematik sendiri memiliki 100 lebih jenis. Yang menarik, setiap jenis rematik mempunyai gejala yang hampir sama, rasa sakit di sendi. Tapi, disebabkan oleh faktor yang berbeda. Begitu pula dengan flu tulang, hingga saat ini belum diketahui penyebab yang pasti. Namun, dari berbagai penelitian, virus ditengarai sebagai penyebab penyakit ini. Di samping itu, flu tulang lebih menyerang pada orang dewasa di atas 40 tahun, dan kaum wanita lebih rentan terserang penyakit ini ketimbang pria.

Proses terjadinya flu tulang, umumnya, diawali dengan gejala-gejala flu diikuti dengan timbulnya rasa ngilu di setiap persendian. Keadaan seperti ini akan berlangsung 2-4 minggu, setelah gejala flu biasa (batuk, pilek, sakit kepala) mereda. Pada malam hari penderita akan menggigil hebat layaknya sakit malaria, dan menjelang pagi hari tubuh terasa kaku. Rasa kaku dan ngilu sendi terjadi akibat reaksi antibodi untuk melawan antigen virus.

Flu tulang kadang disertai bercak-bercak merah pada mulut atau kulit, mirip demam berdarah atau campak Jerman (rubella). Untuk memastikan apakah bercak tersebut dampak flu tulang atau demam berdarah, perlu pemeriksaan darah di laboratorium.

Penderita flu tulang biasanya akan membaik setelah tiga minggu. Namun, para penderita disarankan untuk tidak membiarkannya berlarut dan segera berkonsultasi ke dokter. Soalnya, selain bisa memicu penyakit lain, pengobatan yang tidak sempurna sangatlah berbahaya. Pemakaian obat-obat flu bebas bisa berisiko pada mereka yang mempunyai disfungsi ginjal, hati, atau jantung.

Pemberian atau konsumsi makanan yang baik biasanya mampu menepis gejala-gejala flu sebelum jadi lebih parah. Jadi, para penderita flu dianjurkan banyak beristirahat, mengonsumsi makanan bergizi-sayur dan buah-serta bervitamin tinggi, terutama vitamin C.

Makanan yang berlemak tinggi, rokok, dan kopi harus ditinggalkan karena bisa mempertegas gejala flu. Penderita sebaiknya juga tidak makan makanan yang pedas-pedas karena bisa memicu diare dan gangguan pada lambung, apalagi jika penderita minum berbagai obat flu.

Terapi herbanya bisa menggunakan Spirulina untuk menguatkan tubuh dalam melawan virus. Radix untuk menguatkan tendon dan ligamen. Serta meningkatkan cairan pelumas berupa lemak sinovial yang terdapat pada bagian persendian sehingga tidak mengakibatkan rasa ngilu pada persendian saat terjadi gesekan antar sendi.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

teman saya sering merasakan tiba-tiba nyeri pada persendian saat duduk terlalu lama(sekitar 2 jam).Dia baru berumur 17 tahun.Apakah dia juga termasuk penderita flu tulang?

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum.......
Pak.dulu sewaktu saya kecil ikut imunisasi dan terxta jarum suntiknya mengenai saraf tulang paha saya dan menyebabkan campak dan sampai sekarang tidak sembuh dan sewaktu waktu kambuh dan menyebabkan kaki kanan saya tidak bisa di tekuk dan sakit,sampai umur saya 19 tahun sekarang.mohon penjelasan dan apa yang harus saya lakukan,padahal saya sudah konsultasi sama dokter dan saya sudah minum antibiotik.mohon penjelasannya pak.
terikasih..

Ana

whitehorsebee mengatakan...

ass....saya seorng mhasiswi d salh satu perguruan tinggi swasta d lampung.umur saya baru 22 thn.td sya smpat mmbca klau flu tulang biasany mnyerang usia d atas 40th.tp sya mempunyai gejala yg mirip dgn tu.bedany saya mash muda..sya sering mrsa sluruh tulg dan sendi2 sya linu.khususny tulg belakang.dgn demikian pakh sya mengidap skt flu tulang atau ada kmunkinan lain krna umur sya yg belum 40th.t0lg jelaskn.trimaksh sblumny krna sya dpt bnyk ilmu dari tulisan anda...wassallam....wr.wb

Anonim mengatakan...

saya seorang remaja umur 18 tahun. mengalami sakit di bagian tulang belakang. apakah ini termasuk flu tulang ato apa?

pulzzahut mengatakan...

kalo nyeri2 di tulang belakang kena syaraf atau flu tulang?

Anonim mengatakan...

Assalammu'allaikum.
Saya sudah 3 hari ini, merasakan linu di punggung saya dan di dada saya, apakah saya kena penyakit flu tulang karena sebelum nya saya menderita demam selama 4 hari?

www.asma.web.id mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.