Kamis, Juli 06, 2006

Sulit Pendekatan ke Keluarga Calon


Ibu yang saya hormati. Saya ada masalah dengan keluarga calon saya. Masalahnya adalah saya sulit sekali melakukan pendekatan dengan keluarganya. Memang orang tuanya sudah meninggal kedua-duanya. Tetapi saya harus beradaptasi dengan abang dan kakaknya yang jumlahnya 11 orang dan itu sulit sekali saya lakukan.

Sedikit banyak saya tahu karakter masing-masing. Mereka menurut saya agak sombong mungkin karena orang tua mereka orang yang cukup berada. Sehingga mereka sering sekali menilai orang dari materi. Oleh karena itu saya agak minder dengan sikap keluarganya yang seperti itu.

Saya mohon bantuan ibu, bagaimana saya harus bersikap dengan kakak-kakaknya yang karakternya seperti itu. Terima kasih atas bantuan ibu sebelumnya.

Faridah

Jawaban

Assalammu'alaikum wr. wb.

Saudari Faridah yang sholehah,

Rasanya memang tidak mudah ya mbak melakukan pendekatan kepada orang -orang yang memandang tinggi dirinya. Namun jika anda serius untuk menjadi bagian dari keluarga besar calon suami anda tersebut nampaknya itu memang harus anda jalani.

Umumnya bertemu dengan orang baru yang belum terlalu dikenal memang membuat rasa tidak nyaman. Perasaan tersebut mulai berkurang ketika kita mulai lebih mengenal mereka. Mengenal dan memahami orang secara lebih dalam akan membuat kita mampu melihat sisi lain dari diri seseorang dan mungkin dapat membuat kita sadar bahwa dia sama seperti kita.

Oleh karena itu bersikaplah biasa selayaknya kepada orang pada umumnya dengan segala adabnya. Tunjukkan sikap ramah dan keterbukaan anda pada mereka. Kenali mereka lebih dari sekedar penampilan luar dan sadari bahwa anda juga punya kelebihan meski mungkin bukan dari sisi materi sehingga anda tidak bersikap terlalu minder.

Dalam hal ini anda bisa meminta calon anda untuk bisa membuat anda lebih akrab dengan kakak-kakaknya. Jika calon anda seorang yang peduli dan memahami anda selayaknya dia tidak membiarkan anda sendirian berjuang untuk diterima keluarganya.

Dari sini anda juga bisa melihat sikap calon suami, karena sesulit apapun karakter keluarga pasangan kita maka akan terasa lebih mudah dijalani jika pasangan kita menunjukkan dukungan penuh terhadap diri kita. Wallahu'alambishshawab

Wassalammu'alaikum wr. wb.

Rr. Anita W.

Tidak ada komentar: