Senin, Juli 10, 2006

Tumor Payudara Tumbuh Lagi


Assalamu'alaikum wr. wb.

Pak, saya saya seorang gadis berusia 24 tahun, saya pernah menderita tumor payudara di sebelah kiri dan sudah dioperasi. Setelah lima tahun, benjolan itu muncul lagi, ukurannya tidak sebesar ibu jari dan tetap di payudara kiri tetapi lokasinya tidak di tempat yang dulu.

yang ingin saya tanyakan, apakah penyebabnya sehingga tumor itu bisa tumbuh lagi dan ada tidak produk HPA yang bisa saya konsumsi. Saya masih trauma dengan operasi pertama yang tidak menggunakan bius total. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum,

Sopiyah
kafana at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudari Kafana Yth.,

Tumor adalah pertumbuhan sel serupa kanker tetapi jinak, yaitu sel-sel itu tumbuh terpisah dari jaringan-jaringan di sekitarnya, dan tumbuh dalam bentuknya (benjolan) sendiri. Tumor itu sendiri berasal dari kelenjar, jaringan areola dan puting payudara.

Memang, setiap benjolan harus dicurigai, namun tidak semua benjolan yang ada di payudara adalah tumor. Dalam suatu penelitian, sekitar 80% benjolan bukan merupakan tumor. Bisa jadi, benjolan tersebut merupakan kista pada payudara. Bila kista, biasanya ditandai dengan keluarnya cairan dari puting susu.

Penyebab tumbuh kembali tumor di payudara, memang beragam. Namun, salah satu penyebab terbesar adalah karena anda pernah melakukan pengangkatan (operasi) 5 tahun, ditengarai menjadi faktor pemicu berkembangnya sel-sel tumor tersebut. Hal ini disebabkan sewaktu pengangkatan sel-sel tumor tidak semua sel-sel tersebut terangkat dengan sempurna, sehingga meninggalkan sisa. Dari sisa sel-sel tersebut, lalu merusak sel-sel yang sehat di sekitar payudara.

Di samping itu, pola makan yang kurang sehat juga bisa memicu tumbuh kembang tumor yang ada di payudara. Pola makan seperti mengutamakan yang serba instan dengan kandungan zat pewarna, perasa dan pengawet tinggi merupakan pemicu bakat tumor menjadi lebih ganas. Begitu pula dengan kegemaran makan goreng-gorengan, makanan siap saji atau makanan yang mengandung kacang-kacangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tumbuh kembangnya tumor.

Tumor itu sendiri sifatnya jinak, namun bisa menjadi ganas (berubah menjadi kanker) bila tidak diatasi secara dini. Bahkan, bisa menyebar ke organ lain seperti hati, paru, tulang dan sebagainya. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendiagnosis benjolan tersebut, apakah hanya sekadar tumor atau sudah berubah menjadi kanker. Melalui pemeriksaan di antaranya mamografi (pendeteksian dengan radiasi Sinar X), USG payudara dan biopsi (pengambilan contoh jaringan tumor).

Tidak ada salahnya jika anda datang ke ahli gizi untuk mengkonsultasikan nutrisi yang seimbang guna mencegah membesarnya tumor pada payudara anda.

Cobalah berjemur, karena sinar matahari membantu tubuh anda untuk memproduksi vitamin D. Jumlah vitamin yang lebih banyak akan mengurangi resiko kanker payudara dengan melakukan kegiatan di luar rumah ketika pagi hari (sekitar jam 8- 10) selama beberapa kali dalam seminggu.

Pada saat itu sinar matahari tidak terlalu bahaya. Jangan gunakan tabir surya agar sinar matahari dapat melakukan proses pembuatan vitamin D lebih maksimal. Jika hal tersebut tidak memungkinkan minumlah vitamin D 400 sampai 600 N setiap hari. (Carilah produk yang berlabel D atau D3 dan bukan D2 yang biasa tertulis dikemasan).

Produk HPA untuk mengatasi kanker adalah Shark Cartilage Plus, Omega 3 Gel, Mengkudu dan Spirulina. Omega 3, Mengkudu dan Spirulina diminum 3 kali 2 kapsul pagi dan malam. Sedangkan untuk dosis Shark Cartilage disesuaikan dengan berat badan, yakni 1 kapsul berbanding 10 kg berat badan. Artinya, bila berat badan anda 40 kg, maka dosis untuk anda adalah 4 kapsul perhari. Sebaiknya herba tersebut diminum 30 menit sebelum makan.

Tidak ada komentar: