Selasa, Juli 11, 2006

Herba yang Baik untuk Anak


Assalamualaikum wr. wb.

Bapak Toto yang terhormat, saya ada pertanyaan seputar herba untuk anak anak:

1. Anak saya yang berumur 3 tahun mengalami susah buang air besar. Biasanya 2 hari sekali dan itu juga keluarnya susah dikarenakan feses yang pertama kali keluar sangat keras dan besar (seperti feses orang dewasa) dan itu hanya di ujungnya saja?

2. Apakah ada herba untuk untuk menjaga stamina dan meningkatkan kecerdasan anak?

Wassalamualaikum wr. wb.

Abu Aijashan

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara Abu Aijashan Yth.,

Apa yang dialami anak bapak adalah sembelit, yakni suatu keadaan di mana seseorang sulit melakukan BAB yang disebabkan adanya penumpukkan penyumbatan di usus oleh sisa-sisa makanan atau feses (tinja).

Penyebabnya, biasanya dikarenakan kurang minum air putih dan serat (sayur-sayuran atau buah-buahan). Di dalam usus besar, serat dan sejumlah zat tepung terfementasi, Serat inilah yang membentuk bulk (badan kotoran). Kotoran inilah yang membantu mendorong otot usus membuat makanan yang telah dicerna didorong melewati usus, sehingga BAB menjadi lancar.

Masalah muncul ketika di dalam usus besar kurang tersedia serat, sehingga proses pembentukan bulk agak lama. Pada orang yang jarang mengkonsumsi serat, sisa-sisa makanan yang tidak terserap tubuh akan berhenti dalam usus. Akibatnya orang itu akan merasa sakit dan sulit buang air besar.

Meski secara umum sembelit tidak mengakibatkan efek serius, komplikasinya bisa menyebabkan wasir, lecet dan pendarahan pada anus. Bahkan bila sudah kronis, bisa mengalami prolapsus, usus turun ke bawah. Kondisi ini selain bisa merusak sirkulasi dan fungsi usus, juga dapat menekan organ-organ di bagian bawah usus, seperti rahim pada wanita. Sehingga, wanita mengalami kesulitan hamil, kendati sudah dinyatakan subur oleh dokter.

Di samping itu, di dalam suatu penelitian ditemukan bahwa orang yang sering sembelit lebih rentan terkena kanker usus besar. Pasalnya, di dalam tinja banyak mengandung racun-racun yang tidak terkontrol. Racun-racun yang tersimpan sekian lama itulah yang menyebabkan kanker. Kanker usus besar itu terjadi setelah terakumulasi selama bertahun-tahun di dalam usus.

Cara termudah mengatasi masalah ini adalah dengan banyak minum air putih, sehari 2,5 liter. Dan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, karena vitamin C termasuk obat pencahar ringan.

Bapak bisa memberikan Spirulina kepada putra bapak, dengan dosis 2 kapsul sehari. Bila putra bapak sudah terbiasa dengan kapsul, maka bisa langsung diminum, tapi jika tidak, kapsul Spirulina bisa dibuka lalu dicampur air hangat sekitar 100 cc, diaduk hingga rata, lalu diminum. Atau bisa juga dicampur dengan makanan tambahan yang biasa dimakan.

Pada dasarnya, pembentukan kecerdasaan bagi anak dimulai sejak dalam kandungan. Sebab, pada waktu lahir pembentukan otak sebetulnya sudah sempurna. Penambahan jumlah sel saraf telah selesai pada saat kelahiran dan tak bertambah lagi.

Yang kemudian terjadi setelah kelahiran hanyalah pematangan fungsi sel saraf dan berkembangnya selubung saraf (mielen) yang disebut meilinisasi, yang berlangsung hingga anak berusia 4-5 tahun. Hal ini terkait erat dengan kecerdasan yang merupakan salah satu fase dari hasil akhir otak.

Insya Allah, herba untuk menambah stamina dan kecerdasan, bapak bisa memberikan kepada putra bapak Madu dan Omega 3 Kapsul. Cara mengonsumsinya sama dengan Spirulina. Sedangkan madu, bisa diminum langsung, satu sendok makan untuk pagi dan malam sebelum tidur.

Tidak ada komentar: