Kamis, Agustus 31, 2006

Sakit di Tumit Kiri


Assalamu'alaikum,
Pak Toto, saya mau tanya, sudah hampir 6 bulan ini isteri saya mengeluh sakit pada tumit kaki sebelan kiri, terutama setelah bangun tidur bila dibuat jalan terasa sakit sekali. Perlu diketahui isteri saya tidak mengalami jatuh/ keseleo. Demikian pak Toto, mohon diberi saran obat herba apakah yang cocok untuk penyakit tersebut? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum,

Muhammad Arsad
arsad at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Muhammad Arsad Yth,

Tumit merupakan salah satu bagian dari sistem pertulangan tubuh kita yang terletak di kaki. Tumit itu sendiri merupakan tulang terbesar dari telapak kaki. Tulang ini terletak di sebelah belakang yang mengalihkan berat badan di atas tanah ke belakang.

Dengan demikian, tulang tumit mempunyai tugas besar untuk menyangga berat badan, terutama ketika sedang berjalan atau berlari. Tumit juga bersendi, di sebelah atas tumit bersendi dengan talus (tulang tempat mata kaki berada) dan di depan dengan kuboid (tulang penghubung dengan jari-jari kaki).

Pada tumit juga diselimuti otot dan serabut saraf yang banyak sekali jumlahnya. Jika terjadi nyeri, rasa sakit itu bisa berasal dari otot, saraf atau tulang tumit itu sendiri. Bahkan, bisa gabungan dari dua atau tiga penyebabnya. Hanya saja, rasa nyeri yang disebabkan oleh mereka dapat dibedakan misalnya, bila yang terkena ototnya, maka rasa sakit akan terasa secara periodik, maksudnya tidak terus menerus, walau diajak jalan sekalipun. Biasanya, bila rasa sakit disebabkan oleh otot, ada otot yang mengejang atau kaku sehingga perlu dilemaskan ototnya dengan cara mengompres dengan air hangat.

Jika nyeri berasal dari saraf, sifatnya terus menerus terutama bila tersentuh atau akan diajak jalan rasa nyeri akan bertambah hebat, karena ada kemungkinan salah satu sarafnya terjepit di sendi tulang. Ciri khas dari saraf terjepit ini tidak hanya dirasakan di tempat yang sakit, tapi juga di daerah anggota tubuh lainnya yang berjauhan letaknya dengan tumit, karena jalinan saraf menyatu dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sedangkan pada tulang, rasa nyeri yang ditimbulkan hampir sama dengan otot, hanya saja sifatnya setempat, terutama jika akan diajak berjalan.

Insya Allah, bisa dicoba dengan herba seperti Herba Tuju Angin, Radix, Ardisia dan Minyak But-But. Cara mengonsumsinya, 2 kapsul Herba Tuju Angin, Radix dan Ardisia, untuk pagi dan sore, diminum 30 sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Sedangkan Minyak But-But cukup dioleskan pada sendi yang sakit setelah minyak dipanaskan di atas sendok makan dengan lilin atau korek api.

Di samping itu, sebaiknya isteri menggunakan sepatu atau sandal yang ceper jangan menggunakan sepatu berhak tinggi, karena sepatu ini malah akan membuat sendi terasa sakit. Bila isteri anda bekerja membawa tas atau sedang menggendong anak, gendonglah tas atau anak anda di sebelah kanan supaya beban pada tumit kiri tidak terlalu berat menahan beban. Begitu pula ketika berjalan, usahakan untuk sementara waktu berat badan dialihkan ke kaki kanan.

Saya kira tidak ada salahnya bila anda mengajak isteri anda untuk segera konsultasi ke dokter orthopedi dan memerlukan pemeriksaan rontgen guna mengetahui kondisi tumit isteri anda yang sebenarnya.

Tidak ada komentar: