Kamis, Agustus 10, 2006

Obat Rambut Rontok


Assalamu 'alaikum wr. wb.

Pak pengasuh yang budiman.
Akhir-akhir ini saya punya masalah dengan rambut saya. Sepertinya ada gejala-gejala kerontokkan pada rambut saya. Saya mohon obat apa yang cocok buat mengatasi kerontokan rambut saya.

Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

Warsono
sono at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Warsono Yth.,

Bila dilihat dari penyebabnya, rambut rontok itu terbagi dua macam, yakni memang sedang musim rontok. Maksudnya, senantiasa berganti setiap 3 tahunan dengan rambut baru. Pada musim rambut rontok ini, kerontokan lebih dari normal, berlangsung selama beberapa minggu sampai seluruhnya berganti rambut baru. Biasanya sekitar 50-100 helai rambut yang rontok setiap hari. Yang kedua, karena penyakit. Jenis ini tidak mengenal musim dan bersifat tidak normal. Penyebabnya harus dari cari dari berbagai faktor.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut rontok. Misalnya, faktor keturunan, perubahan hormon, pertambahan usia, tingkatan stres yang begitu tinggi, gangguan kulit kepala, akibat kemoterapi, mengkonsumsi obat berlebihan, terkena bahan kimia dan pola makan yang salah serta kurang nutrisi.

Ciri-ciri khusus yang menandai rambut rontok secara berlebihan dimulai dari rambut yang mudah terpatah saat menyisir. Lalu, rambut rontok lebih banyak terlihat di permukaan bantal. Atau ketika selesai mencuci rambut.

Pada dasarnya, penyebab rambut rontok adalah karena rapuh. Hal itu bisa disebabkan oleh faktor mekanik (pengelupasan dan kerusakan kutikula karena menyisir dan menata rambut); faktor kimia (pewarnaan, pengeritingan dan pemucatan atau bleaching, menyisir saat rambut basah, dan menjepit atau mengikat rambut terlalu kuat), serta faktor lingkungan (matahari, polusi, dan asap) yang membuat rambut kehilangan protein.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna mencegah kerontokan yang lebih parah seperti:

1. Saat keramas. Basahi rambut dengan air hangat. Gosoklah shampoo di tangan sampai berbusa, kemudian aplikasikan pada rambut Anda. Mulai dari kulit kepala, lalu mulailah mengeramas seluruh rambut dengan gerakan pemijatan lembut dengan ujung jari. Ingat, anjurnya, agar rambut tetap tergerai secara alami selama proses pengeramasan dan pemijatan. Jangan menggosok rambut dengan kasar, karena pada saat itulah rambut sangat rentan terhadap kerusakan.

2. Mengeringkan rambut. Ketika mengeringkan rambut, dianjurkan memakai handuk yang bersih dan kering, yang digunakan untuk menepuk-nepuk rambut secara lembut. Di saat rambut masih basah dan kusut, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang dengan cara menyisirnya dari arah atas ke bawah, mulai dari ujung rambut hingga ke akar rambut. Anda akan menghindari ujung rambut jadi bercabang dan patah. Jika memungkinkan, biarkan rambut menjadi kering secara alami (tanpa menggunakan hairdryer).

Jangan pernah menggunakan hairdryer pada rambut yang masih dalam keadaan sangat basah. Gunakanlah hairdryer dengan hati-hati pada kecepatan dan panas yang paling rendah. Selama pengeringan, lanjutnya, biarkan hairdryer bergerak terus-menerus di atas rambut. Dianjurkan juga untuk menggunakan sisir bergigi jarang, di saat usai berkeramas.

3. Hindari matahari. Hindari rambut terkena panas matahari langsung dalam waktu lama. Karena, sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat merusak kelenjar minyak yang ada di bawah kulit kepala. Sebaiknya memakai topi bila anda terpaksa harus berada di bawah matahari dalam waktu lama.

Untuk mengatasi kerontokan, anda bisa menggunakan Tonic Pandan. Herba ini mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan oleh akar rambut, kulit kepala dan rambut. Sangat berguna untuk merangsang aliran darah ke akar rambut, kepala dan batang rambut. Sehingga bisa mencegah timbulnya ketombe, kerontokan dan mencegah tumbuhnya kuman-kuman di kepala. Untuk memperoleh hasil maksimal, saat memakai Tonic Pandan harus disertai dengan pijitan di kepala.

Tidak ada komentar: