Kamis, Agustus 03, 2006

Amandel Kronis


Assalamu'alaikum,

Pak Toto yang saya hormati, saya ingin menanyakan pengobatan untuk penyakit amandel dengan herba. Sewaktu saya konsultasikan dengan dokter THT, pengobatan untuk amandel khornis tidak lain adalah operasi. Lalu, bagaimana pengobatan dengan herba?

Apakah benar jika sudah dilakukan operasi amandel, penyakit atau racun mudah menyerang tubuh kita? Karena saya pernah dapat informasi bahwa salah satu fungsi amandel adalah untuk menyaring racun yang masuk kedalam tubuh kita.

Mohon penjelasannya. Dan atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih.

Fathi

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Fathi Yth.,

Amandel atau tonsilla palatina (tonsil), punya peran di dalam tubuh (disebut amandel karena bentuknya mirip buah amandel). Amandel merupakan salah satu jaringan limfoid di daerah faring. Fungsi jaringan yang letaknya di bagian belakang rongga mulut itu memproduksi sel-sel limfosit (salah satu jenis sel darah putih).

Organ ini juga berperan penting dalam tahap-tahap awal kehidupan untuk melawan infeksi selaput lendir na-sofaring (di belakang rongga hidung) dari udara pernapasan sebelum masuk ke saluran napas bagian bawah. Dari penelitian juga diketahui, tonsil dapat memproduksi antibodi yang berperan dalam memproduksi Imunoglobulin A. Antibodi inilah yang membuat jaringan lokal tahan terhadap kuman penyakit.

Jadi, fungsi amandel adalah menjadi benteng pertahanan terdepan yang menangkis serangan kuman penyakit yang masuk lewat pernapasan dan mulut. Lalu, bagaimana jika amandel itu dihilangkan, apakah akan mempengaruhi daya tahan tubuh? Jawabnya ya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin amandel sebaiknya jangan dioperasi. Karena tubuh akan kehilangan salah satu sistem pertahanan tubuhnya. Logikanya tubuh tanpa amandel akan lebih rentan sakit daripada yang ada amandelnya.

Kendati demikian, pihak medis pun mempunyai alasan mengapa amandel harus dibuang. Bila penyebab infeksi pada amandel adalah kuman yang bernama Streptococcus beta hemolyticus. Kuman ini ditengarai dapat menimbulkan reaksi berupa sakit ginjal, jantung, rematik.

Insya Allah, produk HPA yang bisa mengatasi masalah amandel adalah Teh Herba, Spirulina, Madu, dan Lamandel.

1 komentar:

Lamandel solusi radang amandel mengatakan...

hm, artikel yang bagus neh

thanks dah sharing