Senin, Agustus 14, 2006

Bila Bayi Demam


Pak Toto, saya mempunyai seorang putri kini berusi 6 bulan sedang menderita demam saya dan isteri telah berusaha memberikan obat penurun panas (tempra drops ). Tetapi setelah 2 hari panasnya tetap tidak turun. Adakah herba yang cocok di berikan pada anak saya? Terima kasih atas sarannya.

Fahmi

Jawaban

Saudara Fahmi Yth.,

Demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi atau masuknya zat asing ke dalam tubuh. Apabila mengalami demam, harus diwaspadai adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh. Dengan mengetahui penyebab demam akan sangat membantu menentukan pengobatan bagi penderita.

Pada dasarnya, demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Sehingga jika anak menderita demam, tentu ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuhnya. Beberapa penyakit ringan sering ditandai dengan demam, namun ada kalanya penyakit yang parah justru timbulnya tidak disertai demam.

Kenaikan suhu tubuh akibat proses penyakit di dalam tubuh. Ketika sel-sel darah putih mempertahankan diri dari serangan bakteri atau virus, sel-sel ini mengeluarkan zat yang dinamakan pirogen ke dalam aliran darah. Saat pirogen ini bekerja memerangi penyakit tersebut, suhu tubuh menjadi tinggi. Jadi kenaikan suhu tubuh ini mempunyai pengaruh yang bersifat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri maupun virus.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah demam berubah menjadi kejang, antara lain:

1. Begitu anak mengalami demam terpenting secepat mungkin usahakan turunkan suhu badannya, dengan cara memberi obat penurun panas, atau kompres. Selain itu perbanyak minum air putih.

2. Saat anak demam tinggi, jangan diselimuti dengan selimut tebal. Anggapan bahwa dengan selimut tebal menyebabkan keluarnya banyak keringat adalah tidak benar. Karena suhu tubuh yang cukup tinggi akan bertambah tinggi lagi jika diselimuti.

3. Sebaiknya dikompres dengan air hangat. Jangan melakukan pengompresan dengan lap yang dingin, karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak. Akan terjadi benturan kuat antara suhu panas tubuh si kecil dengan lap kompres dingin.

4. Jangan menggunakan alkohol atau air dingin untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Untuk penurun panas, bisa menggunakan herba Malac. Cara minumnya, 2 x 1 kapsul, pagi dan sore. Karena herba ini berbentuk kapsul, jika anak bapak masih minum ASI, herba tersebut bisa dibuka, lalu dicampur dengan ASI yang telah disedot terlebih dahulu kemudian ditaruh di cangkir, lalu aduk hingga rata, baru kemudian disuapi perlahan-lahan.

Di samping itu, berikan madu pada anak bapak, dengan cara mengoleskannya pada bibirnya. Madu sangat baik untuk menurunkan panas dan meningkat daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar: