Rabu, Agustus 16, 2006

Sering Berdahak


assalamualaikum wr. wb.

Saya berumur 24 tahun, saya selalu berdahak setiap hari, kalau saya bicara lama-lama suara saya jadi serak, dan sekarang suara saya serak-serak saja. Kalau bicara seperti kurang jelas seperti sengau, dahaknya selalu kuning, kalau minum air dingin atau es tenggorokan seperti kering. Lidah saya penuh dengan putih-putih (gak tau namanya) berada di atas lidah. Mohon dok penyakit apa ini dan bagaimana cara pengobatannya? Syukron.

Wassalam,

Al-husna

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Al-Husna Yth,

Pada dasarnya, dahak adalah cairan atau lendir yang dikeluarkan tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan. Biasanya, lendir yang menumpuk akan dikeluarkan dari saluran nafas melalui mekanisme batuk. Jadi, keluarnya dahak yang menumpuk merupakan suatu mekanisme dari pertahanan tubuh untuk melancarkan saluran pernafasan dari berbagai gangguan yang menyumbat.

Dahak yang baik adalah yang berwarna putih bersih, bila dahak sudah berwarna kuning seperti yang anda alami, menjadi indikasi bahwa telah terjadi penyakit di dalam saluran pernafasan dan paru.

Di samping itu, gejala-gejala yang anda sebutkan seperti di atas, bisa menjadi petunjuk dari suatu penyakit yang lebih kronis telah bersarang di dalam tubuh. Atau, sedang terjadi penyebaran penyakit di paru-paru. Karena itu, anda sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Dahak merupakan metabolisme buangan dari berbagai penyakit yang berkaitan erat dengan saluran pernafasan dan paru seperti TBC, radang paru (pneumonia), kanker, sinusitis dan lain-lain. Bahkan, penyakit dari organ lain ginjal, sirosis hati dan gangguan lambung juga bisa mempengaruhi sistem kerja saluran pernafasan dan paru sehingga bisa menimbulkan dahak.

Suara serak atau sengau sebenarnya akibat dari penumpukkan dahak di saluran pernafasan sehingga membuat pita suara terganggu. Sedangkan, minum air dingin, apalagi dengan batu es merupakan tindakan yang tidak bijaksana. Karena batu es bisa dan makanan gorengan bisa memicu meningkatnya produksi dahak, oleh karena itu, sebaiknya dihindari.

Lidah merupakah salah satu alat diagnosa bagi para herbalis, lidah yang sehat adalah yang berwarna merah pucat dan selaput putih tipis. Jika warna lidah banyak dipenuhi selaput putih mengindikasikan telah terjadi peradangan di organ dalam, infeksi dan angin panas atau panas dalam.

Sekali lagi, sebaiknya anda segera ke dokter untuk memperoleh diagnosa yang jelas mengenai penyakit yang sedang alami. Diagnosa yang tepat sangat mempengaruhi langkah-langkah pengobatan yang akan diambil, baik untuk penyembuhan ataupun mencegah agar penyakitnya tidak semakin parah atau berkembang ke tempat lain.

Tidak ada komentar: