Senin, Agustus 14, 2006

Asam Urat Sulit Sembuh


Assalammu'alaikum wr. wb.

Pak Toto Buntoro yang dirahmati Allah, Ibu saya sering sekali merasa sakit di uratnya sehingga sulit untuk berjalan (bisa berjalan namun rasa sakitnya tinggi sekali). Ibu saya sudah berobat ke dokter dan katanya sakitnya itu asam urat dan harus kontrol terus. Tapi walaupun Ibu saya sudah rutin megunjungi Dokter tersebut kok tidak ada perubahan. Bahkan untuk yang terakhir ini rasa sakitnya semakin parah.

Setelah Ibu saya merasa bosan ke Dokter beliau mencoba obat-obatan traditional seperti mencoba "Jus Sirsak" atau minum jamu asam urat.

Walaupun kemajuannya tidak terlalu besar, tapi Alhamdulillah setelah meminum jamu rasa sakit ketika berjalan sedikit kurang. Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah penyebab sakit asam urat?
2. Apakah Asam Urat dapat disembuhkan?
3. Samakah asam urat dengan darah tinggi atau saling berhubungan?
4. Apakah benar ada jenis sayur-sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat?
5. Apakah "pikiran" dapat memicu penyakit ini?
6. Apakah ada obat dari HPA untuk mengobati sakit asam urat ini?

Terima Kasih atas jawabannya, saya nanti balasannya

Wassalammu'alaikum wr. wb.

-ade-

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Ade Yth.,

Asam urat sebenarnya salah satu jenis dari Rematik. Ada sekitar 100-an jenis rematik, namun yang membedakan asam urat dengan rematik pada umumnya adalah asam urat atau gout lebih menyerang di bagian sendi, khususnya sendi-sendi jari.

Asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin, sedangkan purin adalah protein dari golongan nukleoprotein. Peningkatan asam urat akan terjadi bila produksi asam urat meningkat atau karena pengeluaran asam urat menurun.

Peningkatan produksi asam urat berasal dari makanan yang mengandung protein yang akhirnya meningkatkan pembentukan purin. Sementara pengeluaran asam urat dapat menurun akibat adanya penyakit ginjal atau karena pemberian obat-obatan tertentu.

1. Penyebabnya adalah adanya asam urat yeng berlebihan dalam darah menyebabkan penimbunan kristal asam urat. Apabila penimbunan kristal itu terbentuk pada cairan sendi, maka terjadilah penyakit gout atau asam urat. Jika penimbunan itu terjadi pada ginjal, akan muncul batu asam urat ginjal yang sering disebut dengan batu ginjal.

Penyakit ini umumnya ditandai rasa nyeri hebat yang tiba-tiba menyerang sendi, seringkali di pangkal ibu jari. Serangan ini bisa juga terjadi pada persendian lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, tangan atau jari, juga termasuk juga ginjal.

Pada tahap yang lebih parah, selain menyebabkan hancurnya struktur sendi, juga bisa merusak struktur jaringan bawah kulit. Timbunan kristal asam urat tampak seperti benjolan kecil berwarna pucat yang muncul pada daun telinga, punggung lengan, bagian samping mangkuk sendi lutut dan pada tendon archilles.

Meski gejala asam urat dan rematik hampir sama, karena sama-sama menyerang sendi namum masih bisa dibedakan. Rematik disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang sehingga disebut arthritis. Sedangkan asam urat disebabkan karena kelainan metabolisme sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

2. Insya Allah, asam urat bisa disembuhkan. Meski demikian, pola makan yang kurang sehat harus segera dirubah. Karena, penyebab utama asam urat biasanya karena faktor makanan yang kurang memenuhi standar gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Asam urat dan darah tinggi tidak hubungannya sama sekali. Darah tinggi disebabkan oleh adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyebab darah tinggi hingga kini belum diketahui secara pasti, namun darah tinggi berkait erat dengan problem gaya hidup dan kebiasaan hidup seperti kebiasaan merokok, jarang melakukan olahraga, obesitas (kegemukan), dan kolesterol tinggi adalah penyebab penyakit kardiovaskuler. Hipertensi juga dapat menjadi petanda ketidakberesan organ tubuh (ginjal, anak ginjal, atau kelenjar gondok). Begitu organ yang sakit diobati, darah tingginya sembuh sendiri.

4. Ya, ada beberapa jenis sayuran dan makanan lain yang dapat memicu kadar asam urat meningkat seperti:

- jeroan seperti usus, limpa, paru, hati, jantung, dan otak.
- Melinjo dan olahannya seperti emping
- Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu.
- Makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet.
- Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu - Minuman beralkohol seperti bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya.
- Sayuran dan buah seperti: bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, nanas, durian, dan air kelapa.

5. Pikiran hanya memberi kontribusi sekitr 20% bagi meningkatnya suatu penyakit, tapi bukan menjadi penyebab utama. Mengusahakan agar ibu anda kembali tenang pikirannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap serangan penyakit.

6. Anda bisa mengonsumsi produk HPA untuk asam urat seperti Radix, Omega 3 Kapsul, Ardisia dan Teh Herba. Caranya, Minum 2x2 untuk Radix, Omega 3 dan Ardisia, pagi dan malam 30 menit sebelum makan, bersama Teh Herba yang telah diseduh di dalam cangkir, lalu ditutup sebentar hingga hangat, kemudian baru diminum.

Tidak ada komentar: