Jumat, Agustus 25, 2006

Sakit Pinggang dan Sering Kencing


Pak Toto yang dirahmati oleh Allah, saya sudah +/-3 tahun mengalami gangguan kencing dan sakit pinggang. Khususnya bila mau tidur malam, saya kadang-kadang bisa kencing 3-4 kali. Hal ini sangat menyiksa saya karena tidur tidak normal dan menyebabkan kondisi saya sering pusing, sakit (kurang tidur). Dari hasil medical check yang diadakan oleh perusahaan saya tiap tahunnya tidak penyakit apapun, dan saya dinyatakan "SEHAT." Dan juga sering saya kontrol ke dokter umum dan specialis tiap 3 bulan sekali, hasilnya dinyatakan tidak ada penyakit apapun, SEHAT WAL AFI'T.

Yang ingin saya tanyakan sama pak Toto, obat Herba jenis apa yang tepat dan cocok untuk saya? Mohon pak Toto memberikan penjelasan tentang obat Herba kepada saya dan di mana saya harus berlangganan secara mudah praktis tentang produk Herba.

Wassalammu 'alaikum wr. wb.

Anfara

Jawaban

Saudara Anfara Yth.,

Saya kira aneh, jika dokter perusahaan anda, dokter umum dan spesialis menyatakan anda sehat wal afiat, tapi anda mengeluhkan gangguan kencing dan sakit pinggang kurang lebih selama 3 tahun. Mana yang benar?

Pada dasarnya, jika ada keluhan itu merupakan petanda adanya gejala penyakit di dalam tubuh. Jika ada gejala penyakit, pasti penyakitnya sudah ada di dalam tubuh, sebab gejala itu timbul karena adanya penyakit tersebut.

Terlepas dari uraian anda yang ironis tersebut, pemicu seseorang menjadi sering kencing atau poliuria lebih disebabkan karena ada perubahan pada anatomi dan fungsi organ kemih seiring dengan bertambahnya usia.

Umumnya, disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi ini berawal dari prostat yang membesar atau kandung kemih membesar secara abnormal yang membuat aliran urin tidak lancar dan tertahan. Jika kencing, kencingnya pun tidak tuntas.

Beberapa hal lain yang menyebabkan seseorang suka kencing, yakni penyakit kencing manis, masalah ginjal, minum obat penenang, sering tidak sadar atau kesadaran menurun. Dan, sering meminum minuman manis, seperti teh atau kopi manis.

Banyak contoh aktivitas sehari-hari yang menimbulkan sakit pinggang. Misalnya, mengangkat barang berat sambil membongkok, di mana jarak antara benda dengan badan kurang dekat, hingga badan harus melengkung. Terus duduk dengan posisi pinggang melengkung, dengan perbandingan antara kursi dan meja kurang seimbang, hingga duduk harus membongkok.

Untuk itu, bila mau duduk, hindarilah duduk membungkuk dan biasakan duduk dengan punggung tegak dan kaki direnggangkan. Kalau menyandar, usahakan tetap mempertahankan ketegakan punggung. Agar lebih mudah, gunakan kursi dengan konstruksi ergonomis. Dan jangan pula biasakan bermalas-malasan atau asal duduk.

Dari sisi kesehatan, ada dua cara untuk mengatasi nyeri pinggang. Pertama cara medis, dan kedua, dengan senam. Cara pertama biasanya karena penyakit, di mana pertolongan harus melalui cara medis. Seperti kelainan saluran kencing dan lemah kaki. Rasa nyeri yang disebabkan oleh kedua penyakit ini, terjadi karena pergeseran antara pembuluh darah dengan organ tubuh. Bila pergeseran tersebut besar, akan dapat mengganggu syaraf saluran kencing, dubur dan kaki.

Sedangkan cara kedua, bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter. Cara ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, baik pada waktu santai ataupun menjelang tidur.

Beberapa latihan mengatasi sakit pinggang dan bawah pinggang:

1. Meregangkan otot pinggul dan pantat. Tidur telentang, kedua lutut dibengkokkan sejajar dengan posisi lantai. Setelah itu perlahan-lahan digerakkan dan diangkat ke dada, tahan dengan kedua tangan. Kemudian kembali ke posisi awal.

2. Menguatkan otot pinggang dan perut. Posisi badan merangkak, kepala sejajar dengan lantai, lalu lekukkan punggung ke atas dan ke bawah secara perlahan-lahan. Gerakan oni bertujuan agar tulang punggung menjadi tidak tegang.

3. Menguatkan pinggul, pantat dan pinggang. Tidur telungkup, kedua tangan dilipat di bawah dagu atau bahu. Perlahan-lahan angkat satu kaki ke atas, namun jangan terlalu tinggi. Kemudian turunkan secara perlahan dan ulangi dengan kaki yang lain.

4. Menguatkan otot perut. Tidur telentang, kedua lutut dibengkokkan, diiringi dengan menyilangkan kedua tangan ke atas dada. Setelah itu naikkan kepala dan bahu dari lantai, tahan secara bertahap.

5. Meregangkan pinggang. Tidur telentang lurus, tekuk kaki kanan dan angkat ke kiri melewati atas kaki kiri. Usahakan posisi badan tetap pada posisi semula, tidak mengikuti arah kaki kanan. Posisi ini akan membuat pinggang berputar dan terjadi peregangan. Lakukan gerakan serupa dengan kaki kiri.

6. Menetralkan paha. Tidur telentang angkat kaki kanan dan tarik kaki kanan dengan kedua tangan mengarah ke muka. Lakukan yang sama pada kaki kiri.

7. Ketika salat, cobalah berlama sedikit ketika ruku', sujud dan duduk antara dua sujud. Rukuk yang baik adalah yang seperti Rasullulah contohkan yaitu menekuk badan hingga 90 derajat, sehingga bila segelas air diletakkan tidak akan jatuh dan tumpah. Sedangkan saat sujud, posisi badan agak dipanjangkan sedikit membentuk sudut 45 derajat sambil dahi menekan sajadah. Kedua gerakan tersebut sangat bermanfaat untuk melakukan peregangan dan meluruskan tulang belakang, serta bisa menyembuhkan beberapa keluhan yang berkaitan dengan tulang belakang.

Saya kira, sering kencing dan sakit pinggang yang anda derita mempunyai keterkaitan dengan tulang punggung. Cobalah gunakan Malac dan Madu Asli HPA untuk mengatasi keluhan anda tersebut.

1 komentar:

ayu_saphire2011 mengatakan...

kalau saya keluhanya sering sakit pinggang karena terlalu lama duduk, dan pantat rasanya kesemutan