Rabu, Agustus 16, 2006

Bekam untuk Flek Paru dan Asam Lambung


Ass. Pa Toto,
saya mau menanyakan apakah anak penderita flek dapat dibekam sedangkan usianya baru 8 tahun? Saya juga mau menanyakan apakah asam lambung tinggi dapat dibekam? Selama ini untuk meredakan asam lambung saya mengkonsumsi Teh Herba, Madu dan Rossele. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Abu Aufa

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Abu Aufa Yth.,

Flek paru merupakan nama lain dari TBC paru yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara pernafasan yang terkontaminasi kuman TB.

Apakah bisa dibekam meski baru berusia 8 tahun? Insya Allah bisa, namun perlu dengan kehatian-kehatian, terutama bila paru-paru yang terserang TB berada di sebelah kiri bersama jantung. Di samping itu, penterapi bekamnya sudah pada tingkat mahir, jika masih pemula atau penengah, saya sarankan sebaiknya jangan dilakukan.

Membekam pada anak kecil berbeda dengan dengan orang dewasa, kebanyakan anak kecil sangat takut dengan jarum kendati nomor di lancing device sudah diset pada nomor yang paling rendah sekalipun. Jika dilakukan bekam kering, tentu hasilnya kurang efektif.

Sebaiknya untuk mengobati flek paru dilakukan dengan cara oral, yakni dengan mengonsumsi herba. Mengatasi kuman TB dari dalam tubuh lebih efektif dibanding dengan dibekam. Herba selain bisa menumpas kuman TB tersebut juga bisa mencegah dan menghambat perkembang kuman tersebut untuk menjalar ke organ lain.

Ada beberapa herba untuk Flek Paru yakni Shark Cartilage, Mengkudu, Morinda dan Teh Herba. Caranya, dosis untuk Mengkudu dan Morinda 1x2, pagi dan sore. Sedangkan Shark Cartilage cukup 2 kapsul sehari. Diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.

Terapi lain, ajaklah putra bapak untuk banyak berjemur di bawah matahari pagi. Lebih dianjurkan berjemur sambil olahraga kecil seperti jalan-jalan, karena olahraga sekitar 30-45 menit akan membuat peredaran darah ke jantung dan paru-paru menjadi lebih lancar. Sementara matahari pagi banyak mengandung Vitamin D sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan paru-paru dan tulang.

Di samping itu, berikanlah sayur-sayuran dan buah-buahan. Khusus sayuran, sebaiknya yang berwarna hijau gelap. Karena sayuran jenis ini banyak sekali mengandung vitamin D guna mempercepat proses penyembuhan.

Mengenai asam lambung, penyakit ini pun bisa dibekam. Yang pertama dilakukan adalah pada titik-titik bekam sunnah atau dasar, baru kemudian pada titik tepat di belakang lambung, letaknya ada di tulang belakang T7, anda jangan membekam tepat di atas tulang belakang, melainkan bergeser sekitar 1 cm ke kiri atau ke kanan dari tulang belakang.

Jika ingin mengonsumsi herba, bisa menggunakan Herba Tuju Angin dan Radix. Insya Allah, asam lambung yang anda derita cepat teratasi dengan kedua herba tersebut. Herba Rossele, kurang tepat digunakan karena mengandung Vitamin C dosis tinggi yang bisa menyebabkan iritasi pada lambung (gastrik).

Yang terpenting adalah anda mengubah pola makan anda dengan menghindari makanan pedas, asam, duren, nangka. Sedangkan untuk minuman, hindari kopi, teh dan minuman yang bersoda, serta softdrink.

Tidak ada komentar: