Jumat, Agustus 25, 2006

Asam Urat dan Stroke


Ass. wr. wb.

Pak, mohon dibantu permasalahan saya.

Bapak saya usia 70 tahun dan sekarang dia terkena stroke akibat asam urat dan kolestrol yang tinggi sehingga mengakibatkan beliau lumpuh separuh badan (sebelah kanan ). Ini stroke kedua kali setelah kira-kira 10 tahun yang lalu terkena stroke akibat darah tinggi. Saya sebagai anak merasa kasihan dengan kondisi bapak saya. Kami dah berusaha mengobati ke dokter dan alternatif tapi sekarang hanya bisa berjalan dengan tongkat dan kaki sebelah kanan masih terus bengkak. Mohon bantuan pak Toto kira-kira herba apa yang cocok untuk orang tua saya. Saya udah coba beberapa herba yang lain tapi belum menunjukkan kemajuan.

Mohon kiranya pak Toto membantu masalah saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam,

Tira

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Tira Yth.,

Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada pembuluh darah otak. Gangguan tersebut dapat berupa sumbatan dan robeknya pembuluh darah otak tersebut. Stroke yang disebabkan darah tinggi biasanya berupa pecahnya pembuluh darah akibat desakan aliran darah dari jantung ke otak melalui pembuluh darah yang mengalami gangguan, baik berupa penyempitan maupun penyumbatan.

Penyumbatan dan penyempitan bisa disebabkan oleh lemak atau kolesterol jahat yang menempel di dinding pembuluh darah (plak) sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit dan tersumbat untuk dialiri darah yang mengandung oksigen menuju ke otak. Lumpuh pada sebagian anggota tubuh merupakan akibat langsung dari pecah atau tersumbatnya pembuluh darah di otak yang mengakibatkan rusaknya jutaan serabut otak akibat kekurangan oksigen.

Jadi, stroke lebih banyak disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan kolesterol. Bukan karena asam urat. Karena asam urat sekronis apapun hanya menyerang sendi sehingga sendi terasa sakit sekali. Dan, tidak menyebabkan pembuluh darah tersumbat atau pecah. Hal ini diperkuat dengan pengakuan anda bahwa beliau pernah mengalami hal yang sama 10 tahun lalu.

Stroke yang terjadi kali kedua, lebih disebabkan pola makan dan gaya hidup bapak anda yang tidak sehat. Hal ini bisa dilihat dengan adanya asam urat yang menyerang beliau. Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin yang ada di dalam tubuh. Sedangkan purin adalah protein dari golongan nukleoprotein yang tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh.

Berbagai makanan penyebab asam urat bisa meningkatkan tekanan darah dan kolesterol bapak anda saat bersamaan. Di samping itu, faktor usia yang sudah mencapai 70 tahun bisa menjadi faktor penyebab stoke.

Ada beberapa cara alami yang dapat dikonsumsi oleh bapak anda, yakni dengan banyak mengkonsumsi jus tomat, sebanyak 3 kali sehari. Sebaiknya biji tomat jangan dibuang, tetap dijus bersama buahnya. Karena justru bizinya yang mengandung senyawa untuk menggempur penyumbatan pembuluh darah otak. Jika ingin menambah rasa, bisa menggunakan madu untuk pemanis. Jus tomat ini jangan dicampur es.

Sedangkan untuk herba, bisa mengonsumsi Omega 3 Gel, Vitex, Mengkudu, Teh Herba dan Madu. Cara mengonsumsi, ambil 2 kapsul Omega 3 gel, Vitex dan Mengkudu untuk pagi dan sore, diminum 30 menit sebelum makan. Teh Herba diseduh di cangkir dan bisa dicampur 2 sendok madu, lalu diaduk hingga rata dan ditutup. Diminum ketika hangat bersama-sama Omega 3, Vitex dan Mengkudu.

Untuk mengatasi asam urat, bisa ditambah dengan herba Ardisia. Cara minumnya sama dengan di atas, dan bisa diminum bersama-sama. Sayangnya anda tidak menjelaskan herba apa saja yang telah dikonsumsi oleh bapak anda, apakah produk HPA atau bukan?

Jika produk HPA, untuk mempercepat kesembuhan, anda bisa meningkatkan dosisnya dari 2 kapsul sehari menjadi 3 kapsul. Namun, harus diingat, bahwa usia bapak anda sudah sepuh, di mana tubuh secara alami sudah sulit menyerap berbagai herba. Hal ini disebabkan banyaknya organ dalam tubuh bapak anda sudah tidak berfungsi secara maksimal.

Saran saya, selain herba yang diberikan, mohon diberikan perhatian yang lebih kepada bapak anda. Hal ini ditujukan untuk memberikan ketentraman supaya bisa menjalani hidup ini dengan lebih istiqomah dan sabar. Usahakan agar bapak tetap bisa melakukan ibadah seperti biasa meski dalam kondisi seperti itu. Dan banyaklah berdoa kepada Allah, agar penyakit yang diderita bapak bisa menghapus dosa-dosanya yang telah lalu, serta menjadi tabungan amal untuk di akherat kelak.

Tidak ada komentar: