Rabu, September 06, 2006

Saki Perut dan BAB Berdarah


Ass. Wr. Wb.


Pak Toto, isteri saya perutnya sakit seperti mual-mual dan bila BAB itu keras dan berdarah. Mohon saran dari bapak.

Terima kasih

Ass.

Fahmi

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Fahmi Yth.

Keluhan yang isteri anda rasakan merupakan indikasi adanya masalah pada sistem pencernaan, khususnya di usus besar.

BAB keras menunjukkan bahwa pola makan isteri anda kurang sehat, yakni tidak gemar menyantap sayur-sayuran dan kurang minum air putih. Akibatnya, kotoran yang ada di usus besar sulit menuju ke anus, kotoran tersebut malah menumpuk di sepanjang usus besar dan makin lama makin mengeras. Sehingga, terjadi gesekan antara permukaan usus dan tinja, dan kemudian menimbulkan darah saat anda BAB.

Sulit BAB merupakan salah satu penyebab terjadinya wasir. Sebenarnya, gejala wasir itu sendiri sudah terlihat, yakni adanya darah yang menyertai tinja. Cepat lambatnya tonjolan keluar tergantung dari berapa sering dan kuatnya anda mengejan saat BAB.

Dampak lain dari sulit BAB atau sembelit adalah tertekannya organ yang berada di bawah usus besar akibat penimbunan kotoran di usus besar yang menyebabkan usus menjadi turun ke bawah. Jika kebetulan rahim yang tertekan, maka akan sulit bagi anda untuk hamil karena tempat pembuahan sel telur telah tertutup oleh usus yang menekan ke bawah.

Untuk mengatasinya, mintalah isteri anda untuk mengonsumsi Herba Tuju Angin dan Pelawas. Herba Tuju Angin dan Pelawas sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan usus, termasuk mengatasi sembelit dan sulit BAB. Cara minumnya, kedua herba tersebut diminum 2 kapsul pagi dan malam hari, 30 menit sebelum makan.

Di samping itu, cobalah banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Sangat dianjurkan banyak minum air putih, minimal 2,5 liter per hari. Hal ini untuk mencegah keluarnya usus yang disebabkan karena banyak mengejan ketika buang air besar. Dan, hindari mengangkat barang-barang berat, mintalah orang lain untuk mengangkatnya.

Tidak ada komentar: