Rabu, September 06, 2006

Menghilangkan Ketombe


Assalamu alaikum wr. wb.

Langsung saja yah pak. Bagaimana caranya menghilangkan ketombe yang sudah lama tetapi tidak juga sembuh? Sudah coba macam-macam obat dan shampoo tapi tetap saja ndak hilang. Padahal rambut saya selalu bersih (saya pakai jilbab ) keramas 2-3x seminggu. Mohon segera dijawab yah pak, karena sangat mengganggu rasanya. Terima kasih.

Wassalam,

Ida
azzahrah at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudari EI Yth.,

Ketombe memang benar-benar menyebalkan, ia dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Padahal, kulit kepala sebenarnya berminyak, yang diminyaki secara alami oleh kulit (sebum). Tapi, jamur Mallassezia-lah yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang berminyak tersebut, lalu menjadikan kulit kepala menjadi sel kulit tua yang menyebabkan gatal, lalu rontok menjadi serpihan-serpihan kecil yang kita sebut ketombe.

Sebelumnya, ketombe diduga akibat beberapa faktor seperti sirkulasi darah yang kurang lancar, kurangnya stimulasi saraf pada kulit kepala, dan gangguan kelenjar. Tapi, dugaan itu kemudian dipatahkan, setelah ditemukan bahwa jamur mallassezia-lah yang dianggap menjadi penyebab utama timbulnya ketombe.

Malassezia sendiri adalah genus jamur lipophilic yang merupakan bagian dari flora normal kulit kepala manusia. M. restricta dan M. globosa memakan protein dari folikel rambut. Penyerapan sebagian protein yang tinggal di kulit menyebabkan iritasi di kulit kepala yang menyebabkan terjadinya ketombe, rasa gatal yang hebat, kemerahan dan iritasi.

Untuk mengatasi ketombe memang masih dengan cara sering berkeramas untuk mengurangi sebum yang mempunyai efek positif dalam pertumbuhan jamur dengan menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung formula smart Zinc Pyrithione (smart ZPT). Shampo ini cukup efektif untuk mengatasi penyebab ketombe dan menghilangkan efek samping dari ketombe.

Bila ingin mencoba cara alami, anda bisa mencoba dengan jeruk nipis. Caranya, peras 3 buah jeruk nipis, lalu gosokkan air perasan pada kulit kepala. Biarkan selama 25 menit, lalu keramaslah. Ulangi dua sampai tiga kali.

Tidak ada komentar: