Selasa, September 05, 2006

Kondisi Fisik Mudah Lelah


Assalamu 'Alaikum

Pak Toto, Saya seorang wanita usia 28 th. Saya ingin menanyakan solusi untuk keluhan saya. Fisik saya sering sekali mudah lelah, melakukan sedikit yang agak berat rasanya langsung lelaaaah sekali. Kadang bagun tidur pada keesokan paginya badan masih terasa lelah, pegal. Saya ada alergi dengan udara/ hawa dingin sehingga jadi mudah flu. Mohon informasinya Herbal apa yang baik untuk saya konsumsi untuk menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah?

Terima kasih atas jawabannya.

April
april at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari April Yth.,

Mudah lelah mengindikasikan bahwa daya tahan tubuh atau stamina anda lemah, sehingga mudah dihinggapi penyakit kendatihanya penyakit ringan saja seperti flu misalnya. Hal ini disebabkan karena tubuh anda kurang banyak bergerak.

Untuk mengatasi rasa lelah tersebut, yang pertama-tama anda harus lakukan adalah berniat untuk merubah pola hidup dan makan anda. Cobalah seusai salat subuh anda jangan langsung tidur kembali, tapi melakukan olahraga kecil yang bisa dilakukan di kamar atau di depan teras rumah. Olahraga kecil yang bisa dilakukan seperti jalan di tempat selama 30 menit.

Setelah itu, menyapu membersihkan lantai yang diteruskan dengan mengepel. Insya Allah, jika anda ikhklas dan rutin melakukannya, dalam satu minggu keluhan anda akan hilang dengan sendirinya. Bila keluhan anda sudah hilang, bukan berarti latihan dan membersihkan rumah berhenti juga, kedua hal tersebut tetap dilakukan dan jangan ada kata berhenti, kecuali anda sakit atau sedang berpergian.

Pola makan yang kurang sehat seperti banyak mengonsumsi makanan berkalori dan berlemak tinggi seperti santan, goreng-gorengan,makanan siap saji dan sebagainya, selain tidak hanya menyebabkan lemak semakin menebal di tubuh, juga membuat badan malas untuk bergerak. Lama kelamaan, hal tersebut akan membuat akan membuat badan mudah lelah dan letih, yang berakibat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit.

Anda bisa mengonsumsi herba Spirulina, Madu dan Habba Sauda. Caranya, minum 1 kapsul Spirulina dan Habba Sauda pada pagi hari, dan 2 kapsul pada malam, diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Sebaiknya diminum bersama madu, masukkan 2 sendok makan madu lalu campur dengan air hangat 150 cc, aduk hingga rata, baru kemudian diminum bersama kedua herba tersebut.

Yang terpenting, anda tetap terus berupaya agar tubuh anda banyak bergerak dan sebisa mungkin kurangi tidur atau duduk. Dengan banyaknya bergerak, otot tubuh pun akan bergerak pula dan menjadi lentur kembali, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda secara bertahap.

Tidak ada komentar: