Rabu, Februari 07, 2007

Penyebab Ejakulasi Dini

Assalamualaikum pak Toto yang terhormat.

Saya mau menanyakan tentang masalah ejakulasi dini. Saya mau menanyakan:

  1. Apakah penyebabnya seseorang mengalami hal tersebut?
  2. Adakah cara mencegah atau memperkuat kemampuat seks pada pria?
  3. Bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini?

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum

Yanto

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Erik Yth,

1. Ejakulasi dini termasuk gangguan fungsi seksual yang disebabkan oleh beberapa faktor: Pertama, kebiasaan mencapai orgasme dan ejakulasi secara tergesa-gesa sebelumnya. Kedua, kurang berfungsinya serotonin, suatu bahan neurotransmitter yang berfungsi menghambat ejakulasi. Ketiga, gangguan kontrol saraf yang mengatur peristiwa ejakulasi.

Di samping itu, faktor lain yang bisa menjadi pemicu terjadinya ED yakni: penyakit Pembuluh Darah Penyakit pada pembuluh darah sering disebut aterosklerosis. Penyumbatan ini juga memiliki dampak pada peredaran darah ke penis. ED mungkin terjadi lebih awal dibandingkan dengan penyakit jantung, karena arteri penis memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan arteri jantung

Beberapa penyakit yang bisa memperburuk kejadian ini antara lain hipertensi dan hiperkolesterolemia. Diabetes Diabetes atau kencing manis umum diketahui sebagai penyebab terjadinya ED. Tingginya kadar gula dalam pembuluh darah menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Bahkan bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf-saraf yang terdapat pada bagian alat vital.

Penyakit Neurologis Beberapa penyakit yang mengakibatkan rusaknya saraf semisal Alzheimer, multipel sklerosis, Parkinson, bisa menyebabkan terjadinya ED. Keadaan ini biasanya diawali dengan rusaknya bagian otak kita. Ketidakseimbangan Hormon Tidak seimbangnya hormon tubuh, semisal kurangnya hormon testosteron, bisa memicu timbulnya persoalan DE meski kasus ini tergolong kecil.

Masalah Psikologis Depresi, cemas, stres, kurangnya perhargaan terhadap diri sendiri dan kondisi mental lain yang negatif bisa menyebabkan terjadinya ED. Kejadian-kejadian ini bisa diatasi dengan rileksasi dan penenangan diri. Perokok Berat Perokok berat sangat mudah terkena DE. Meski kejadiannya tidak langsung, melainkan pelan-pelan dan bertahun-tahun, kejadian DE pada perokok berat tidak bisa dipungkiri.

Bahkan, para peneliti di Italia menemukan hubungan antara ED dengan penyakit jantung. Artinya, ED merupakan awal dari gejala dari penyakit jantung. Karena itu, tidak ada salahnya jika anda juga mau memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit jantung.

2. Untuk mencegah terjadinya ED, tentu saja harus melakukan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Serta olahraga rutin, terutama olahraga bersepeda. Tanpa itu semua, maka bagian yang berkaitan dengan organ reproduksi seperti pembuluh darah, saraf dan otot kurang maksimal kerjanya. Bagaimana dengan menggunakan obat kuat? Sebaiknya jangan dan jangan, karena pemakaian dalam waktu lama dengan dosis tinggi akan menyebabkan kerusakanan pada organ-organ di dalam tubuh, termasuk kebutaan pada mata.

3. Jadi, untuk mengatasi ED, jalan terbaik adalah mengetahui dulu apa penyebab dari ED itu sendiri. Saran saya, sebaiknya anda konsul ke dokter spesialis Urologi di rumah sakit terdekat untuk melakukan pengecekan. Bila diagnosa sudah ditegakkan, maka akan lebih mudah untuk menterapinya, apakah dengan menggunakan obat-obatan modern atau herba, itu hanyalah suatu pilihan.

2 komentar:

Hafiz mengatakan...

Ass. Artikel yang berguna untuk kesehatan reproduksi bagi laki-laki.

moneymaker mengatakan...

bapak bisa coba menggunakan dayak oil . silakan klik http://massageoilformen.blogpsot.com