Jumat, Februari 16, 2007

Lemah Jantung dan Pegal Kaki

Assalaamu'alaikum

Pak Toto saya mau menanyakan keluhan saya yakni:

  1. Pegal-pegal di pergelangan/ persendian telapak kaki, telapak tangan dan lengan atas. Saya sudah berobat ke dokter dua kali tetapi belum ada perubahan.
  2. Saya pernah nyeri di dada sebelah kiri sampai tidak kuat kerja pada tahun 1999 dan berobat ke pengobatan tradisional katanya saya menderita lemah jantung, dan belakangan ini saya kadang-kadang terasa nyeri dan seperti ada yang nyangkut di dada sebelah kiri, kalau tarik nafas panjang malah jadi sakit tetapi beberapa saat hilang lagi kalau nafas diatur pelan-pelan, sementara tensi darah saya rendah.
  3. Ibu saya menderita sakit jantung bulan desember kemarin baru ketahuan, dan ibu saya tekanan darahnya tinggi. Otot-otot nadi tangan saya kelihatan jelas sekali apakah saya positif menderita penyakit jantung. Karena saya juga kagetan bila ada anak-anak menyalakan petasan meski saya melihatnya.

Demikian pertanyaan saya, atas penjelasannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalaamu'alaikum

Joni79

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Joni Yth,

1. Sayangnya anda tidak menjelaskan berapa usia dan dengan badan anda, karena hal tersebut berkaitan erat dengan keluhan yang anda sampaikan.

Pegal-pegal di pergelanagan kaki dan tangan disebabkan banyak hal. Misalnya ada gangguan pada tulang belakang, terjadi pengausan minyak sinovial di pergelangan tangan atau anda mengalami carpa tunnel syndrome.

Yang dimaksud dengan carpa tunnel syndrome yaitu rasa sakit akibat penekanan saraf-saraf di pergelangan tangan maupun kaki. Gangguan ini pada mulanya memang sering diabaikan karena dianggap tidak terlalu berbahaya. Namun, jika gangguan ini berkepanjangan, bisa menyebabkan mislokasi pada urat saraf yang melintas dari ujung jari tangan ke pergelangan tangan. Begitu pula, suplai oksigen melalui pembuluh darah akan terganggu, bahkan terputus sama sekali, sehingga menyebabkan warna tangan menjadi pucat, petanda tidak sehat.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengonsumsi Omega-3 Softgel (2x2), Radix (2x2), Mengkudu (2x2), Malac (2x2) dan Minyak But-But, minyak ini bisa diolesi pada pergelangan, pagi hari dan menjelang tidur. Waktu terbaik mengonsumsi herba-herba tersebut adalah 30 menit sebelum makan.

2. Untuk mengetahui kita menderita lemah jantung atau tidak harus melalui tes yang cukup spesifik, yaitu dengan echo-cardiography, yang hanya bisa dilakukan di rumah sakit tertentu. Jadi, bukan berdasarkan asumsi seseorang.

Tugas utama jantung ialah memompa darah ke seluruh organ tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan di paru-paru. Kemampuan otot jantung melaksanakan tugas tersebut berangsur-angsur menurun sejalan dengan pertambahan usia.

Penurunan kemampuan ini akan semakin mencolok bila ada keadaan lain yang turut mempengaruhi fungsi otot jantung tersebut. Misalnya, infeksi otot jantung/selaput otot (miokarditis/perikarditis), berkurangnya oksigen karena penyempitan pembuluh darah yang menyuplainya (penyakit jantung koroner), bertambahnya massa otot karena meningkatnya tekanan jantung (hipertensi).

Gangguan fungsi sistolik. Pada gilirannya bila gangguan fungsi diastolik berjalan terus, fungsi sistolik menyusul terganggu. Lemah-jantung menjadi makin nyata. Biasanya arus balik ke jantung makin terbendung, sehingga timbul pembengkakan pada kedua tungkai.

Tekanan darah yang biasanya tinggi, kini menjadi normal sampai dengan rendah, bergantung pada berat-ringannya lemah jantung. Demikianpun dengan sesak napas, mulai dari yang ringan sampai berat. Ada suatu pengelompokan dari New York Heart Association yang menetapkan empat klasifikasi fungsional lemah-jantung (heart failure). Pertama, dengan aktivitas berat baru timbul sesak napas. Kedua, pekerjaan sehari-hari tak dapat dilaksanakan dengan baik karena mudah capek sampai sesak napas. Ketiga, aktivitas ringan dalam rumah pun telah menimbulkan sesak napas. Keempat, meski dalam keadaan istirahat pun pasien sesak napas.

Saran saya, sebaik anda perlu mengubah kebiasaan hidup dan melakukan penyesuaian gaya hidup yang selaras dengan kemampuan jantung. Mengatur menu dan pola makan, meningkatkan kecerdasan emosi, dan memantapkan spiritual fitness merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan manajemen lemah-jantung. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit jantung untuk mengetahui lebih detail mengenai keluhan anda tersebut.

Jika anda ing mencoba herba, anda bisa mengonsumsi Omega-3 Softgel (2x2), Mengkudu (3x2), Teh Herba (2 uncang untuk dikonsumsi pagi dan sore) dan Madu Asli (ambil 2 sendok makan madu lalu dicampur air hangat 150cc, minum setiap pagi dan sore).Semua herba tersebut dikonsumsi 30 menit sebelum makan dan bisa diminum bersamaan dengan herba untuk pergelangan tangan yang pegal-pegal.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur pola makan yang sehat, dengan mengonsumsi banyak sayur-sayuran berwarna hijau. Serta menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan MSG.

Tidak ada komentar: