Jumat, Februari 16, 2007

Anak Jatuh dan Panas

Ass. Wr. Wb.

Pak Toto, ponakan saya (putri, 7 bulan), LK.43;BB 7, 4; TB 70 cm. seminggu yl, jatuh dari tempat tidur. Sdh di pijit ke ahli chiropractic bagian lehernya kecetit, sdh dibawa kedokter, dilihat kelopak mata bgn bawah merah, kata dokternya diduga virus, diberi isopritaminosin.

Setelah itu kondisi sdh membaik, tapi 5 hari kemudian (semalam), badannya panas sampai 39, pagi turun jadi 38. Sebelumnya kakaknya meninggal di usia 3 th, karena virus yang menyerang otak.

Mohon inputannya, apa yang harus kami lakukan, untuk mengetahui kondisi anak tersebut, apa ada cedera di kepalanya. Dan herba apa yang bisa mengobati ponakan saya tersebut?

Terima kasih untuk semua masukkannya.

Wassalam wr. Wb.

Iyn

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Iyn Yth,

Pertama-tama, saya ingin meluruskan dahulu bahwa demam atau panas itu bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Jadi, bila keponakan anda menderita demam hingga 39 derajat, berarti telah terjadi sesuatu dalam dirinya, kemungkinan besar terserang infeksi.

Demam itu sendiri merupakan manifestasi dari sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh, di mana sel-sel darah putih (antibodi) mengeluarkan zat yang dinamakan pirogen ke dalam aliran darah. Ketika zat ini menyerang virus tersebut, disaat itu pula suhu tubuh menjadi naik. Jadi kenaikan suhu tubuh ini mempunyai pengaruh yang bersifat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri maupun virus.

Saran saya, sebaiknya segera konsul ke dokter guna mengetahui penyebab terjadinya demam tersebut yang sesungguhnya melalui beberapa pemeriksaan. Terutama, si kecil pernah mengalami trauma jatuh dari tempat tidur, sehingga sifat pemeriksaan harus lebih intensif.

Sayangnya anda tidak menjelaskan apakah keponakan anda masih disusui ASI atau diberi susu formula. Sebab, cara paling mudah menurunkan panas adalah dengan memberikan banyak minum, yang terbaik adalah ASI atau susu. Dengan banyak minum, diharapkan suhu tubuh akan kembali menurun menjadi normal.

Di samping itu, berikan Madu pada keponakan anda. Caranya, masukkan 1 sendok makan madu ke dalam botol susu dan diisi air suam-suam kuku sebanyak 90cc. Lalu, kocok sebentar dan berikan kepada keponakan anda. Madu merupakan antibiotika alami yang bisa menurunkan panas dan menaikkan daya tahan tubuh secara bersamaan.

Tidak ada komentar: