Jumat, Februari 16, 2007

Hidung Anak Sering Tersumbat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak Toto,

Saya ingin menanyakan, anak saya usia 2 tahun 1 bulan sudah 2 bulan ini kalau tidur hidungnya sering tersumbat, sehingga kalau nafas terkadang pake mulut dan kadang jadi ngorok.5 hari yang lalu kena radang jd. Tambah rewel saja.

Saya pernah membawa ke Dokter Anak dan Dokter Umum yang mengatakan kalau itu karena alergi (mungkin debu) dan diberi obat pengencer dahak.

Adakah obat herba untuk dahak dan radang ternggorokan, karena kalau obat kimia kelamaan tentu tidak baik. Saya ucapkan terima kasih sebelumnya, semoga Allah membalas kebaikan bapak.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bapaknya Najib

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Singgih Yth,

Ciri-ciri yang anda sebutkan menunjukkan bahwa anak anda mengalami gangguan tidur. Gangguan itu bisa disebabkan oleh kelainan anatomi hidung, langit-langit lunak, dinding faring dan dasar lidah.

Gangguan tidur itu kemudian menjelma menjadi seperti mendengkur yang disebut dengan OSA, yaitu tersumbatnya saluran napas atas saat tidur (meski masih memungkinkan penderita melakukan upaya bernapas). Selain anak, orang dewasa pun banyak mengalami OSA.

OSA disebabkan beberapa faktor. Pertama, mengendurnya otot-otot pernapasan sewaktu tidur. Kedua, kelebihan jaringan pada saluran pernapasan bagian atas. Ketiga, adanya ketidaknormalan anatomi saluran pernapasan bagian atas dan rahang. Jadi dalam kondisi normal seharusnya otot-otot yang mengendalikan lidah dan jaringan lunak serta langit-langit mulut menjaga saluran napas tetap terbuka selama kitatidur.

Namun pada penderita OSA, otot-otot tersebut terlalu relaks sehingga saluran pernapasan menyempit dan memicu anak untuk mendengkur dan selanjutnya sulit bernapas. Bahkan jika saluran pernapasan tersebut tertutup sama sekali, penderita akan mengalami henti napas. Inilah yang disebut sebagai apnea tidur, yang dapat berlangsung selama 10 detik hingga 2 menit. Ironisnya hal ini bisa terjadi berulang kali bahkan ratusan kali selama penderita OSA tidur.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan dengkuran itu terjadi. Misalnya, disebabkan oleh lendir yang tidak mau keluar, sehingga menyumbat saluran pernafasannya. Sayangnya anda tidak menjelaskan apakah ketika anak anda tidur selalu dengan AC. Memasang AC yang cukup dingin, kendati anak diselimuti, akan menyebabkan lendir menjadi tidak encer. Penumpukan lendir, lama kelamaan bisa menyebabkan radang.

Penyebab lain adalah mungkin badan anak anda terlalu berat yang menyebabkan ia sulit bernafas. Faktor lain, bila alergi, maka faktor penyebab alergi tersebut harus dihindari. Seandainya debu yang menjadi penyebab, maka kebersihan rumah dan ventilasi harus tetap dijaga kebersihannya.

Coba berikan kepada anak anda Madu Asli sebanyak 2 sendok makan dan dicampur dengan air hangat satu gelas. Setelah suam-suam kuku, barulah diminum 2x sehari. Untuk mengatasi hidungnya yang tersumbat, teteskan THM pada hidungnya 3x. THM ini aman untuk anak-anak karena bahan dasarnya dibuat dari madu dan tanpa zat kimia lainnya. Di dadanya, diolesi Minyak But-But pada pagi hari sehabis mandi dan saat hendak mau tidur.

Bila di pipi dan dahi ada tanda kemerahan, serta bila ditekan sianak akan menangis karena terasa sakit, ini menandakan bahwa anak bapak mengalami gejala sinusitis. Untuk itu, sebaiknya konsultasi ke dokter THT untuk memperoleh diagnosa yang tepat.

Tidak ada komentar: