Rabu, Februari 07, 2007

Benarkah Keputihan Menyebabkan Mandul?

Assalamu 'alaikum, dokter.

Saya mau menanyakan beberapa hal:

1. Apakah keputihan dapat menyebabkan kemandulan?

2. Jika keputihan berwarna kuning, gatal dan berbau, disebabkan oleh apa? Apakah dapat menyebabkan kemandulan, bagaimana cara mengobatinya? Apakah Herba Keputihan (Herba Penawar Al-Wahida) dapat menyembuhkan? Bagaimana tingkat keparahannya?

3. Di mana saya dapat membeli herba tersebut?

4. Keputihan yang normal tersebut muncul pada saat apa? Kalau setiap hari apakah normal juga?

5. Apakah pikiran dan keletihan dapat menimbulkan keputihan tersebut.

Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih

Wassalam

Fira

Jawaban

Assalaamu, alaikum wr. wb.

Keputihan tidak menyebabkan kemandulan, tapi kelainan yang menyebabkan keputihan mungkin juga menyebabkan hal itu.
Keputihan adalah suatu gejala berupa ke luarnya cairan dari alat kelamin yang tidak berupa darah. Ada keputihan yang normal (fisiologis) dan ada keputihan yang tidak normal (patologis).

Keputihan yang normal ditemukan pada bayi baru lahir ampai usia kurang lebih 10 hari, menjelang haid pertama kali (menarche), wanita dewasa yang mengalami rangsangan, sekitar waktu pelepasan sel telur matang oleh indung telur (ovulasi). Kadang kala stres fisik maupun psikis membuat keputihan bertambah banyak.

Keputihan yang tidak normal sering kali disebabkan infeksi. Penyebab infeksi dapat berupa bakteri, jamur maupun parasit. Cairan berwarna agak kekuning-kuningan sampai hijau, sering kali lebih kental dan berbau. Radang pada alat kelamin luar dan dalam dapat menyebabkan keputihan ini. Keputihan juga ditemukan pada tumor jinak dan ganas.

Sebelum melakukan tindakan pengobatan seperti minum obat tertentu perlu diketahui terlebih dahulu keputihan bagaimana yang sering anda alami, obat yang tidak tepat akan menjadi tidak berguna.

Untuk mencegah kekambuhan gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, biasanya dari bahan katun. Pastikan daerah tersebut dalam keadaan kering terutama setelah buang air. Bila pakaian dalam basah atau kotor segeralah ganti dengan yang kering dan bersih.

Wassalaam

Tidak ada komentar: