Rabu, Februari 07, 2007

Tangan Basah

Assalamu 'alaikum,

Sebelumnya saya memperkenalakan diri dulu. Sya Guswindra, umur 21 tahun. Sejak kecil telapak tangan saya sering basah berkeringat, kata orang itu disebabkan karena tidur menggunakan kipas. Padahal saya tidak bisa tidur kalau ada kipas.

Jadi bagaimana menyembuhkanya dalam herba, apa pengaruh dalam jangka panjang kalau dibiarkan saja?

Syukron

Doni

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Gus Windra Yth,

Tangan berkeringat merupakan hal yang wajar, karena telapak tangan mempunyai kelenjar keringat yang terus memproduksi keringat setiap harinya. Namun, berkeringat menjadi tak wajar jika ke luarnya berlebihan, terutama bila tanpa melakukan aktifitas sama sekali.

Karena, keringat menjadi indikasi ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita. Misalnya, keringat yang ke luar berlebihan ternyata bisa menandakan adanya suatu penyakit pada tubuh yaitu pneumonia, radang paru-paru atau paru-paru basah.

Hal ini disebabkan sel-sel yang melapisi bagian dalam saluran pernafasan dan mempunyai sekitar 200 silia atau sejenis rambut yang sangat halus, bertugas mengeluarkan cairan encer di permukaannya. Silia itu bergerak secara teratur 10 - 20 kali per detik tanpa henti, menyapu cairan dengan kecepatan 1 cm per menit menuju tenggorokan, untuk kemudian tanpa disadari ditelan.

Normalnya, debu, kuman, asap, dan sejenisnya akan melekat pada cairan, lalu disapu bersih dari saluran pernapasan. Selain itu, cairan tersebut juga menjaga agar saluran napas selalu basah. Karena terlalu banyak mengeluarkan keringat, menyebabkan cairan itu menjadi kering dan lengket, sehingga tidak dapat dialirkan dan mengumpul menjadi dahak, plus menyumbat saluran napas. Saluran napas yang tersumbat menyebabkan sesak napas dan batuk. Lalu, berkembangbiaknya kuman-kuman dapat menyebabkan penyakit bronkhitis dan paru-paru basah.

Keringat berlebihan bisa mengindikasikan adanya gangguan pada kelenjar tiroid dengan gejala seperti badan kurus tapi kuat makan, mata menonjol dan tangan sering bergetar, rambut mudah rontok, tak tahan dingin dan lain sebagainya.

Tangan basah, termasuk menjadi ciri-ciri penderita gagal ginjal dan kencing manis, kelainan jantung, akan menyebabkan keringat berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kelenjar pituitary (kelenjar hipofise) yang menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan, sehingga kadar hormon adrenalin dalam darah juga menyebabkan berlebihan yang akhirnya menyebabkan keringat berlebihan.

Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan beberapa pemeriksaan guna mengetahui secara pasti penyakit yang anda derita. Setelah itu, baru diterapi dengan herba. Karena, tanpa mengetahui secara akurat, sulit untuk memberikan herba yang tepat untuk anda.

Di samping itu, sebaiknya anda banyak minum air putih supaya tidak terjadi dehidrasi pada tubuh. Tubuh kita memerlukan sedikitnya 80% air, jadi berkurangnya asupan air ke tubuh berarti akan menganggu metabolisme yang sedang berjalan, yang nantinya akan mempengaruhi kerja dan fungsi organ-organ dalam tubuh.

Tidak ada komentar: