Rabu, Februari 07, 2007

Urine Seperti Teh Pekat

Assalamu'alaikum mbak.

Saya seorang mahasiswa, 22 tahun. Tiap kali saya kecapekan, perut saya sebelah kanan seperti di area ginjal/ hati yang bawah? Terasa sakit sekali, nyeri bgt, sampai saya harus bedrest total.

Waktu itu biasanya urine saya berwarna seperti teh yang pekat. Pernah suatu ketika saya lembur bikin skripsi sampai 2 hari hanya tidur malam 4 jam dan dampaknya urin saya benar-benar mera. Dan setelah saya bawa ke lab. ternyata urinenya bercampur darah, leukosit naik. Saya belum cek darah, baru tes urine aja.

Apakah unrine yang bercampur darah tersebut mengindikasikan adanya gangguan pada ginjal saya/glomerulus saya sudah kena sehingga bocor. Adakah hubungan langsung antara penyakit typhoid yang pernah saya derita dengan kondisi ini?

Dulu saya pernah didiagnosa ISK tapi sudah dinyatakan sembuh. Mohon dibalas. Jazakillah khairan. Wassalam.

Zahra

Jawaban

Assalaamu’alaikum wr. Wb.

Dari keluhan yang Zahra sampaikan seperti nyeri perut sebelah kanan tiap kali kecapekan dan urine yang berwarna seperti teh pekat, dapat merupakan gejala adanya gangguan pada hati.

Sedangkan hasil pemeriksaan lab. urine menunjukkan adanya infeksi saluran kemih yang belum tentu ginjalnya. Tapi bisa terjadi di ureter, kandung kemih atau uretra. Gangguan pada hati dan saluran kemih dapat saja terjadi bersamaan. Dan ini tidak ada hubungannya dengan penyakit typhoid yang pernah Zahra derita.

Melihat keadaan yang Zahra alami sekarang, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosa serta mendapatkan penatalaksanaan yang sesuai.

Selain itu perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Semoga lekas sembuh dan dapat menyelesaikan skripsi.

Wassalaam

Tidak ada komentar: