Jumat, Februari 16, 2007

Benjolan di Kelamin

Pak toto yang baik, saya pemuda umur 25 tahun.

Saya punya benjolan di sebelah atas kelamin. Bejolan itu kalau untuk bekerja atau beraktivitas muncul, tapi kalau waktu malam atau istirahattidak ada. Jika dipijat tidak terasa sakit. Saya takut itu jenis tumor. Yang ingin saya tanyakan benjolan itu jenis tumor atau bukan? Jika bahaya untuk kesehatan bagaimana cara pengobatannya? Sekian pak toto dan terima kasih atas jawabannya.

Triono
mastrie at eramuslim.com

Jawaban

Saudara Triono Yth,

Setiap benjolan yang ada di tubuh berpotensi untuk menjadi tumor bila pertumbuhannya semakin lama semakin besar walau prosesnya lambat. Berbahaya atau tidaknya tentu memerluka pemeriksaan yang lebih seksama.

Kendati demikian, ada benjolan yang karakteristiknya mirip dengan yang anda sebutkan, yaitu ganglion. Benjolan ini bila dipegang terasa kenyal dan semakin besar semakin keras. Meski awalnya lembek dan kenyal tapi bila dibiarkan lama-lama akan menjadi keras.

Benjolan ini terjadi karena adannya kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini sebetulnya berfungsi melumasi sendi sehingga tidak merusak tulang rawan saat ada gerakan. Cairan pelumas yang bocor ini kemudian membentuk gelembung, seperti kapsul, yang mendesak kulit sehingga tampaklah benjolan di permukaan kulit.

Gejala yang umum pada ganglion adalah terasa nyeri di tempat yang ada benjolan, rasa nyeri itu timbul terutama pada malam hari. Nah, anda sendiri tidak mengeluhkan benjolan itu pada malam hari. Jadi, kemungkinan besar benjolan pada kelamin anda bukanlah ganglion.

Untuk memastikannya, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter. Pemeriksaan lebih dini akan memudahkan pengobatan nantinya, terutama jika benjolan itu tergolong bahaya bagi kesehatan anda.

Tidak ada komentar: