Rabu, Februari 07, 2007

Hernia

Assalamu'alaykum Warahamtullaahi Wabrokaatuhu,

Ibu Dokter Yth,

Anak saya putri (2 thn) mengindap penyakit Hernia. Ini akan kelihatan sekali kalau dia lagi aktif-aktifnya bermain (lari-lari, teriak-teriak) atau sedang menanggis. Kami sudah ke dokter anak, dan di saran kan untuk operasi. Yang ingin saya tanyakan adalah:

  1. Apakah memang tidak ada cara lain untuk mengobati Hernia ini selain operasi? Kalau ada di mana/ ke mana harus kami hubungi?
  2. Kalau memang harus dioperasi, pada usia berapakah anak kami pas untuk di operasi? Karena kami kuatir juga, karena dia terlalu kecil rasanya untuk dioperasi.
Demikian Ibu Dokter, terima kasih banyak atas jawabannya...

Wassalamu'alaykum Warahmatullaahi Wabarokaatuhu,

Babe Si Fali

Jawaban

Assalaamu’alaikum wr. Wb.

Bapak ykh, pada henia dapat dilakukan penatalaksanaan secara konservatif dan operatif. Cara konservatif hanya dilakukan pada hernia yang isinya masih dapat kembali ke rongga perut (reponible). Yaitu dengan mengatasi faktor-faktor predisposisi.

Faktor predisposisi hernia adalah meningkatnya tekanan intra abdominal seperti mengangkat barang berat, batuk kronis, gangguan buang air besar dan gangguan buang air kecil, juga banyak berteriak dan menangis keras. Cara konservatif bukan penatalaksanaan yang ideal.

Pada hernia reponible operasi dapat direncanakan saat keadaan umum anak memungkinkan. Untuk menilai keadaan ini, silakan memeriksakan anak Bapak ke dokter anak terdekat.

Operasi harus dilakukan segera pada keadaan pasase usus terganggu (isi terkurung dalam kantung hernia/inkarserata) atau terdapat gangguan vaskularisasi (terjepit/strangulata).

Wassalam,

dr. Hilmia Nawawi

Tidak ada komentar: