Selasa, Juni 20, 2006

Obat Tiroid


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mohon jawaban dari Bapak Toto, isteri saya mempunyai penyakit tiroid dan selama ini telah mengkonsumsi obat-obatan HPA untuk penyembuhannya di antaranya Herba Senggugut dan Tuju Angin. Adakah obat HPA yang lain yang cocok untuk menyembuhkan penyakit tersebut? Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum,

Baihaqi

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara Baihaqi Yth.,

Tiroid, atau kelenjar tiroid, bentuknya kecil. Tapi, mempunyai peranan yang cukup besar untuk mengatur semua fungsi semua bagian tubuh kita (mengatur metabolisme tubuh). Dengan kata lain, ia berfungsi sebagai pengatur energi tubuh, yang bila terganggu fungsinya hampir dapat mempengaruhi hampir semua sistem dalam tubuh kita.

Dengan mengendalikan metabolisme tubuh, tiroid dapat menjaga semua fungsi organ akan berjalan dengan baik. Laju jantung dan otak. Kerja metabolisme akan merangsang sistem pencernaan untuk mengendalikan pembakaran kalori seefektif mungkin. Selain itu, juga menjaga kulit, kuku, dan rambut agar tetap sehat dan terawat. Semua otot dan saraf pun tidak luput dari kelenjar tiroid ini. Bahkan, tiroid juga bisa mempengaruhi cara berpikir dan perasaan kita.

Caranya? Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang disebut hormon tiroid, yakni suatu bahan kimia yang membawa pesan-pesan dari tiroid ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Kelenjar tiroid akan membuat hormon tiroid dari yodium yang diserap dari makanan anda sehari-hari. Saat hormon tiroid diproduksi secara berlebihan, maka sel-sel tubuh akan bekerja secara cepat, begitu pula sebaliknya.

Yodium merupakan golongan mikro mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kestabilan kesehatan. Berbagai bahan pangan, sayur-sayuran dan aneka bahan pangan dari laut adalah sumber yodium yang terbesar.

Yodium yang berasal dari makanan dan minuman setelah dicerna di saluran pencernaan akan masuk ke dalam aliran darah dan segera diterima oleh kelenjar tiroid yaitu adalah suatu kelenjar yang agak besar yang terdapat di leher depan bagian bawah. Di sini yodium diubah menjadi tiroksin. Tiroksin adalah hormon yang mengatur semua aktivitas berbagai organ tubuh, mengontrol cepatnya pertumbuhan tubuh seseorang, membantu proses metabolisme, bahkan menentukan berapa lama seseorang bertahan untuk hidup.

Sayangnya anda tidak menjelaskan jenis tiroid yang diderita isteri anda, karena penyakit kelenjar tiroid itu ada dua, yakni Hipertiroid dan Hipotiroid. Hipertiroid disebabkan karena kekurangan hormon dengan gejala badan kurus walau kuat makannya, gampang berkeringat dan tidak tahan panas, kulit terasa panas dan lembab, mudah diare, sering buang air kecil, mata menonjol, tangan suka gemetar dan mudah resah.

Sedangkan hipotiroid disebabkan karena kekurangan hormon yang menyebabkan gangguan pada enzim dan sistem kekebalan tubuh, mudah terserang penyakit, rambut mudah rontok, suara sembab dan serak, tidak tahan udara dingin dan angin. Serta jika haid telalu banyak darah yang keluar.

Bila isteri anda mengalami hipertiroid, bisa mengatasinya dengan mengonsumsi Malac, Teh Herba dan Senggugut. Caranya, minum 2 kapsul Malac dan Senggugut pagi dan malam bersama Teh Herba yang telah diseduh dengan air panas. Minum dalam keadaan hangat dan sebelum makan.

Bila hipotiroid dapat mengonsumsi Teh Herba, Mengkudu, Madu dan Herba Senggugut. Caranya sama dengan di atas.

1 komentar:

supriex mengatakan...

gmn kalau penyakit tiroidnya disertai hipertensi??obat apa yang cocok???terimakasih